Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2015, 07:09 WIB

KOMPAS.com — Siapa pun yang pernah menderita batu ginjal pasti bisa mengingat rasa sakit hebat yang disebabkan oleh batu berukuran kecil itu saat melewati saluran kemih.

Sekitar 1 dari 11 orang diperkirakan bakal menderita batu ginjal dalam hidupnya. Sayangnya, sekali kita memiliki batu ginjal, kemungkinan untuk kambuhnya mencapai 50 persen. Meski penyakit ini lebih banyak diderita kaum pria, ternyata wanita yang menderita obesitas juga berisiko.

Kebanyakan batu ginjal adalah mineral padat yang menggumpal dan bersarang di saluran kemih. Mayoritas batu ginjal terbentuk dari kalsium, biasanya kombinasi antara kalsium dan oksalat, tetapi ada juga yang terbentuk dari asam urat.

Berikut adalah beberapa faktor risiko yang membuat seseorang rentan mengalami batu ginjal.

- Kekurangan kalsium
Walau kebanyakan batu ginjal terbentuk dari kalsium, bukan berarti kita harus menghindari bahan pangan yang mengandung kalsium. Justru, orang yang mengonsumsi lebih banyak kalsium lebih jarang menderita batu ginjal.

Jika pola makan kita kurang kalsium, zat kimia yang disebut oksalat, yang normalnya mengikat kalsium di saluran cerna malah mengikat kalsium di urine dan memicu terbentuknya batu.

- Kebanyakan sayur
Merasa sudah makan secara sehat tetapi justru terkena batu ginjal? Apa yang salah? Tentu saja karena oksalat yang banyak ditemukan di sayuran berdaun hijau. Idealnya, oksalat akan berikatan dengan kalsium di usus dan dikeluarkan tubuh lewat saluran kemih.

Namun, jika jumlah oksalat terlalu tinggi, konsentrasi zat kimia ini lebih banyak di urine dan memicu terbentuknya batu.

- Makanan asin
Jika kita terlalu sering mengonsumsi makanan mengandung sodium, risiko terbentuknya batu ginjal juga akan meningkat.

- Kurang buah jeruk
Buah-buahan keluarga jeruk mengandung zat yang disebut sitrat, yang diketahui bisa menurunkan risiko batu ginjal.

- Terlalu banyak daging
Sebuah penelitian tahun 2014 yang dimuat dalam jurnal Nutritional Epidemiology menemukan bahwa vegetarian dan orang yang sering makan ikan lebih jarang terkena batu ginjal dibandingkan dengan orang yang makan daging. Konsumsi daging merah atau daging unggas 100 gram setiap hari diketahui bisa memicu batu ginjal.

- Sering minum es teh
Teh merupakan salah satu sumber oksalat yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Baru-baru ini juga diberitakan seorang pria yang kebanyakan minum es teh menderita batu ginjal. Minuman lain yang perlu dibatasi adalah soda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com