Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2015, 17:00 WIB

KOMPAS.com — Apakah karena kita baru putus dengan kekasih, berjauhan dari keluarga, pindah ke kota baru atau kantor baru, rasa kesepian sulit dihindari dalam hidup ini.

Sebenarnya rasa kesepian adalah hal yang normal, tetapi kesepian yang terlalu lama bisa berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik. Bahkan, menurut sebuah penelitian, kesepian bisa meningkatkan risiko depresi dan kematian.

Banyak orang yang menganggap kesepian berarti sendirian. Padahal, cukup banyak orang yang tetap merasa kesepian di tengah keramaian. Untuk mengetahui apakah Anda merasa kesepian atau tidak, ketahui tanda-tanda berikut ini:

1. Menghabiskan waktu untuk menonton
Apakah Anda sering menghabiskan waktu untuk menonton serial televisi hampir sepanjang hari? Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang merasa kesepian biasanya sering menghabiskan waktu untuk menonton.

2. Kesulitan berada di situasi sosial
Dalam beberapa seri eksperimen, profesor Megan L Knowles menemukan bahwa orang yang kesepian mungkin memiliki pemahaman yang baik dalam keterampilan sosial, tetapi mereka merasa tertekan dan bingung bagaimana harus bersikap dalam dunia nyata.

3. Saat sendiri dirasakan sebagai kesepian
Merasa kesepian sangat berbeda dengan apa yang kita rasakan saat butuh waktu untuk sendiri atau melakukan "me time". Justru meluangkan waktu untuk diri sendiri memiliki banyak manfaat.

Jika Anda merasa sulit tidur, dilanda rasa cemas, depresi, atau tak bisa jauh dari televisi dan media sosial saat sendiri, kemungkinan Anda memang kesepian.

4. Aktif di media sosial
Sebuah studi dari Universitas Michigan menemukan bahwa kita akan makin aktif di media sosial saat merasa kesepian. Meski media sosial tidak menyebabkan kita kesepian, melihat kehidupan orang lain di linimasa kita terkadang justru menyebabkan rasa tidak bahagia.

Jadi, daripada langsung membuka media sosial saat Anda sedang kesepian, cobalah melakukan interaksi tatap muka atau telepon dengan seseorang yang Anda kasihi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com