Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi Saat Naik Pesawat

Kompas.com - 01/08/2015, 11:00 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com – Kehadiran maskapai penerbangan murah membuat siapa saja kini bisa bepergian ke negeri-negeri yang jauh. Terkait dengan penerbangan yang memakan waktu belasan jam, sebaiknya Anda mewaspadai risiko kesehatan yang mungkin timbul.

Masalah ini dipengaruhi oleh tekanan di udara dan juga ruangan pesawat. Pastikan kondisi tubuh Anda sedang sehat ketika naik pesawat.

Berikut masalah kesehatan yang dapat muncul saat naik pesawat terbang seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Deep Vein Trombosis(DVT) atau Trombosis Vena Dalam
Merupakan risiko kesehatan jika terlalu lama duduk saat terbang selama lebih dari 2-3 jam. DVT adalah pembekuan darah yang terjadi di pembuluh vena. Untuk penumpang pesawat, biasanya terjadi pada tungkai kaki bagian bawah atau paha karena terlalu lama duduk. Pembekuan darah ini bisa memengaruhi aliran darah ke jantung dan bisa menyebabkan serangan jantung hingga stroke.

2. Jet Lag
Umum terjadi pada mereka yang sering berpindah tempat atau berpergian dari suatu negara ke negara lain menggunakan pesawat terbang. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan waktu di setiap wilayah maupun negara. Jet lag bisa membuat Anda mengalami gangguan tidur, kelelahan, sakit kepala, hingga kehilangan nafsu makan.

3 Radiasi kosmik
Orang yang sering naik pesawat terbang akan lebih tinggi terpapar radiasi kosmik. Semakin jauh dari permukaan tanah, radiasi kosmik di udara akan lebih tinggi. Paparan radiasi tersebut dikaitkan dengan penyakit kanker. Namun, perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

4 Kaki bengkak
Para ahli mengungkapkan, rendahnya tekanan udara di kabin dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa memengaruhi sirkulasi darah dalam tubuh sehingga menyebabkan pembengkakkan pada tungkai kaki. Untuk mencegah hal ini, disarankan memakai kaus kaki dan setiap beberapa waktu sekali berjalan di pesawat.

5. Telinga sakit
Telinga sakit juga masalah umum yang terjadi saat naik pesawat. Hal ini dikarenakan tekanan kabin pesawat yang berubah saat lepas landas dan mendarat. Udara di telinga menjadi luas dan menyebabkan tekanan di dalam saluran telinga.

6 Dehidrasi
Ketika kita berada ribuan kaki di langit, kelembaban kabin dalam pesawat akan rendah menjadi 10 persen. Hal ini dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini bisa membuat sakit kepala, mata kering, tekanan darah rendah, hingga jantung yang berdetak cepat.

7. Migrain
Migrain barangkali sakit kepala paling menyakitkan yang bisa terjadi saat terbang. Selain itu, saat terbang juga bisa membuat sinus terjadi yang bisa menyebabkan pusing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com