Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2015, 12:00 WIB

TANYA:
 
Dok sebenarnya apa yang menyebabkan saya menderita anyang-anyangan. Gejalanya saya bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil tapi yang keluar hanya sedikit. Kondisi ini melelahkan. Apa pengobatannya ya dok? Sejauh ini saya sudah minum obat herbal tapi belum terlihat hasilnya.
 
Arini (24), Tegal

JAWAB:

Saudari Arini di Tegal,
Sesuai dengan pertanyaan saudari, apa penyebab anyang-anyangan? Secara teoritis banyak penyebabnya, tetapi prinsipnya apapun yang dapat menyebabkan iritasi, rangsangan, tekanan pada kandungan kemih, stres, alergi, gangguan pada organ  pelvis,dan lain-lain dapat menyebabkan keluhan anyang-anyangan.

Suatu sindroma yang dikenal dengan "pain bladder syndrome" atau "intersttial cytitis yang tidak diketahui penyebabnya secara pasti dapat menyebabkan keluhan anyang-anyangan ini.

Namun, salah satu dari penyebab anyang-anyangan yang sering adalah infeksi, dan batu kandung kemih. Pada wanita, infeksi adalah penyebab yang paling utama, ini karena perbedaan anatomi saluran kemih yang berbeda dengan pria. Kuman, bakteri sangat mudah menjalar dari sumber infeksi dari misalnya dari vagina, dubur, dan waktu hubungan seksual

Nah, untuk penanganannya, saran Saya:
1. Pastikan penyebabnya terlebih dahulu, misalnya dengan pemeriksaan analisa urin, USG ginjal, kandung kemih dan organ Pelvis. Untuk itu sebaiknya anda konsulasi langsung ke dokter internist setempat.
2. Minum air putih yang cukup banyak.
3. Menjaga kebersihan daerah sekitar organ intim Anda.

Demikian, semoga bermanfaat. Terimakasih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com