Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2015, 19:16 WIB

TANYA:

Dok, sudah 4 tahun terakhir ini saya memiliki gangguan saat berhubungan seks dengan istri. Sperma saya tidak bisa keluar atau tidak ada, dan juga ada gangguan dengan ereksi. Saya divonis terkena diabetes. Bagaimanakah cara mengatasi agar sperma saya keluar kembali dan bisa memiliki anak. Terima kasih untuk penjelasan dokter.
Iswahyudi (39), Depok

JAWAB:
Diabetes yang tidak mendapat penanganan dengan baik dapat menimbuljkan berbagai komplikasi. Salah satu komplikasi ialah disfungsi ereksi. Selain itu dapat juga terjadi gangguan otot pada kandung kencing sehingga ketika mengalami ejakulasi sperma masuk ke dalamnya, tidak keluar seperti dalam keadaan normal.

Inilah yang Anda alami, yang disebut retrograde ejaculation. Untuk mengatasi gangguan ini, diabetes Anda harus mendapat pengobatan dengan benar agar dapat dikontrol. Mengenai gangguan ereksi dan sperma yang tidak keluar, tentu harus mendapat pengobatan juga sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Walaupun pengobatan disfungsi ereksi akibat diabetes pada umumnya lebih sulit dibandingkan akibat penyebab lain, tetapi pengobatan tetap harus dilakukan. Demikian juga dengan ejakulasi yang masuk ke dalam kandung kencing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com