Selasa, 17 Juli 2018

Health

Hindari Minuman Manis Saat Berolahraga

Shutterstock Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS — Konsumsi minuman manis sebaiknya dihindari saat berolahraga karena bisa memicu dehidrasi. Karena cairan dalam tubuh berubah jadi keringat saat berolahraga, tubuh butuh air dan elektrolit sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

"Ketika berolahraga, hindari konsumsi minuman manis karena gugus gula yang ada di dalamnya harus dipecah lebih dulu. Jadi, untuk mendapat energi dari minuman itu, kita mengeluarkan lebih banyak energi," kata dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit PGI Cikini, Leane Suniar, dalam acara Klinik Berlari yang digelar Panin Asset Management di Jakarta, Sabtu (1/8).

Dengan adanya tambahan energi yang dikeluarkan, kondisi tubuh akan makin turun dan memicu dehidrasi atau kekurangan cairan. Dehidrasi bisa mengganggu konsentrasi, menghambat sirkulasi darah, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Cadangan energi

Namun, setelah berolahraga dan tubuh mulai stabil, Leane menganjurkan untuk mengonsumsi minuman manis sedikit demi sedikit. "Minuman manis bisa berperan sebagai cadangan energi karena mengandung glukosa yang jadi sumber energi," kata dokter yang menangani banyak atlet Indonesia ini.

Selain itu, ia juga menganjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi dengan menu lengkap dua jam sebelum berolahraga. Porsi makanan yang dianjurkan bagi bahan makanan sumber energi adalah karbohidrat 60-70 persen, lemak 20-25 persen, dan protein 10-15 persen dari total energi.

Hal itu bertujuan agar tubuh memiliki cadangan energi cukup saat berolahraga. Selain itu, sebelum berolahraga, tekanan darah dan fungsi hati diperhatikan.

Menurut atlet triatlon Indonesia sekaligus pendiri Indo Runner, Reza Puspo, lari adalah olahraga paling sederhana dan bisa dilakukan siapa saja. "Saat ingin lari, orang hanya butuh sepatu. Ini berbeda dengan olahraga lain yang butuh alat," ujarnya.

Reza menambahkan, konsumsi air minum perlu dijaga saat berolahraga agar tak kekurangan cairan tubuh. Selain itu, pemilihan pakaian dan sepatu yang nyaman digunakan juga amat penting selama berolahraga, khususnya saat berlari. "Memilih sepatu yang pas dan nyaman itu perlu. Apalagi kalau akan mengikuti lomba," ujarnya. (B06)
Editor : Lusia Kus Anna
Sumber: Harian Kompas,