Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Kelapa Pilihan Terbaik Menghidrasi Tubuh Setelah Olahraga?

Kompas.com - 03/08/2015, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Air kelapa sebagai pelepas dahaga sudah sejak lama dikenal masyarakat di Indonesia. Kini, minuman air kelapa dalam kemasan  banyak diedarkan dengan klaim mengandung gula alami dan elektrolit yang akan menghidrasi lebih baik dibanding air. Terutama untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Dalam satu cangkir kelapa alami terkandung sekitar 45 kalori, 11 gram karbohidrat (9 gram gula alami), 70 mg sodium dan hampir 500 mg potasium.

Bandingkan dengan air dalam botolan yang tidak mengandung kalori, karbohidrat, sodium atau potasium. Sementara itu kandungan nutrisi dalam minuman sport bervariasi tergantung merek, tetapi rata-rata mengandung 55 kalori, 14 gram karbohidrat (semuanya dalam bentuk gula tambahan), 105 mg sodium dan hanya 30 gram potasium.

Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat minum air kelapa setelah olahraga memang hanya sedikit. Kebanyakan menyebut bahwa tidak ada perbedaan atau hanya sedikit bedanya antara air kelapa, minuman sport, dan air.

Meski begitu sebuah studi mengungkapkan, air kelapa lebih sedikit kemungkinannya menyebabkan mual atau pun sakit perut. Selain itu air kelapa juga lebih mudah dikonsumsi dalam jumlah besar dibandingkan dengan air dan minuman sport.

Sementara itu penelitian yang membandingkan antara air kelapa yang ditambahkan sodium dan minuman sport menemukan, keduanya sama baiknya dalam menghidrasi tubuh dibandingkan air biasa.

Pada dasarnya penelitian menyimpulkan, jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, baik air biasa, air kelapa, atau minuman sport memiliki manfaat yang sama.

Namun bagi Anda yang sedang berupaya menurunkan berat badan dan berolahraga selama 60 menit dalam cuaca yang tidak terlalu panas, air biasa adalah pilihan yang paling tepat.

Untuk mereka yang melakukan olahraga berat selama lebih dari satu jam atau berada di cuaca panas, meneguk air kelapa atau sport drink dapat membantu meningkatkan perfoma dan menghidrasi tubuh dengan baik.

Pertimbangkan pula bahwa air kelapa yang alami mengandung gula lebih sedikit (sebagai bahan bakar otot) dan sodium (untuk pengganti elektrolit) dibandingkan minuman sport.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com