Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2015, 09:13 WIB


KOMPAS.com
- Memang tidak mudah untuk menanamkan kebiasan baik kepada anak-anak, terlebih lagi mengenai pola hidup sehat. Yang paling dasar adalah mengajarkan anak-anak untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Sayangnya, sebagian besar dari mereka menyukai makanan yang berminyak atau junk food yang kemudian berdampak buruk untuk tubuh mereka dalam jangka waktu yang panjang. Sebagai orang tua, tentunya kita harus mengetahui langkah baik untuk menjaga kesehatan anak.

1. Asupan cairan

Tidak hanya air, cairan juga bisa didapatkan dari buah-buahan. Buah atau jus buah yang alami sebaiknya diberikan kepada anak-anak setiap harinya, karena ini dapat mendetoks tubuh serta meningkatkan kekebalan tubuh. Anak-anak juga kerap bermain, sehingga mereka akan sering mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, asupan cairan tidak boleh terlewatkan.

2. Ajak bermain di luar

Anak-anak di zaman sekarang lebih sering menghabiskan waktu dengan bermain gadget daripada bermain di luar rumah. Padahal, ketika anak-anak bermain di luar, itu akan membuat mereka lebih aktif dan sehat. Jadi, ajaklah mereka untuk bermain di luar rumah atau permainan outdoor.

3. Kenalkan kebiasaan makan sehat

Sejak dini, anak-anak harus mulai diperkenalkan dan diajarkan dengan pola makan sehat agar mereka terbiasa hingga dewasa. Jangan biasakan mereka mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food.

4. Terapkan jam tidur yang teratur

Untuk tetap sehat, anak-anak harus mendapatkan tidur paling tidak delapan jam dalam satu hari. Atur jam tidur dan jam bangun tidur agar menjadi kebiasaan untuk anak-anak atau menjadi rutinitas. 

5. Promosikan tentang kebersihan

Kebersihan merupakan peran penting untuk kesehatan anak-anak. Dengan menanamkan kebiasan menyikat gigi dua kali sehari dan rutin mencuci tangan setelah bermain atau sebelum makan, maka anak-anak secara tidak langsung akan peduli dengan kesehatan mereka.

6. Buat mereka menyukai sayur

Sudah bukan rahasia lagi jika sayur menjadi makanan yang tidak disukai anak-anak, padahal kandungan gizi dan vitamin di dalam sayur begitu berlimpah. Tugas orangtua di sini adalah membuat sayur menjadi makanan yang disukai anak, banyak ide kreatif yang dapat diterapkan agar anak-anak ingin makan sayur, misalnya dengan membentuk sayur menjadi karakter kartun yang mereka suka.

7. Sertakan karbohidrat dan lemak

Anak-anak aktif bermain, sehingga mereka membutuhkan energi yang cukup di dalam tubuh. Oleh karena itu, asupan karbohidrat dan lemak sangat penting untuk mereka. Pilihlah cemilan sehat untuk mereka, seperti buah-buahan dan sereal.

Menanam kebiasaan baik sejak dini kepada anak-anak merupakan kewajiban. Bagi Anda yang masih bingung, cobalah langkah baik menjaga kesehatan anak di atas!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com