Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2015, 18:30 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber Healthline


KOMPAS.com
- Ada harapan baru bagi penderita kanker payudara. Baru-baru ini, ada penemuan dua jenis  obat baru yang diklaim lebih ampuh dibanding varian obat yang beredar sebelumnya. Lebih menggembirakan lagi, obat ini adalah obat generik. Sehingga, harganya lebih murah.

 

Obat pertama disebut inhibitor aromatase, berfungsi untuk membantu menghentikan produksi hormon estrogen pada wanita postmenopause. Aromatase inhibitor bekerja dengan cara memblok enzim aromatase yang mengubah hormon androgen menjadi satuan-satuan kecil estrogen. Semakin sedikit ketersediaan estrogen, semakin kecil kemungkinan penyebaran dan pertumbuhan sel kanker.

Obat kedua adalah bifosfonat yang berfungsi untuk mempersulit kanker berkembang di tulang, yang dapat menjadi efek samping dari inhibitor aromatase.

Para peneliti mengatakan penggunaan dua obat tersebut secara bersama-sama selama tahap awal setelah operasi kanker payudara dapat mengurangi risiko kematian.

"Dua obat tersebut saling melengkapi karena efek samping utama dari inhibitor aromatase adalah peningkatan kekeroposan tulang, sementara bifosfonat mencegahnya," kata Oxford Profesor Richard Gray, Ph.D., dari Oxford yang memimpin penelitian seperti dilansir situs kesehatan Healthline pada 23 Juli 2015 lalu.

Temuan obat-obat baru ini telah dirilis di dalam jurnal ilmiah terbitan Inggris, The Lancet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com