Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Dengar Musik Sebelum dan Sesudah Operasi bagi Pasien

Kompas.com - 13/08/2015, 16:01 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com — Sebuah penelitian kembali membuktikan manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan. Kali ini adalah manfaatnya bagi pasien, yang akan dan sesudah menjalani tindakan operasi.

Para peneliti dari Brunel University dan Queen Mary University of London menemukan bahwa mendengarkan musik bisa mengurangi rasa sakit yang dialami pasien. Penelitian yang melibatkan 7.000 pasien bedah juga mendapati pasien menjadi lebih merasa puas dengan hasil operasi dan tidak terlalu cemas atau khawatir jika mendengarkan musik.

"Mendengarkan musik aman dilakukan, intervensi murah non-invasif yang harus tersedia untuk semua orang yang menjalani operasi," kata ketua penulis studi, Catherine Meads, dari Brunel University.

Jika mendengar musik sebelum operasi, pasien akan tidak terlalu stres. Suara musik membuat pasien akan merasa lebih tenang menjalani operasi.

Operasi memang merupakan tindakan medis yang menegangkan bagi pasien. Untuk itu, peneliti menyarankan para dokter untuk mengizinkan pasien mendengarkan musik sebelum dan sesudah operasi.

Menurut penelitian yang diterbitkan di The Lancet, biarkan pasien untuk mendengarkan lagu-lagu yang menjadi favoritnya untuk memaksimalkan manfaatnya. Namun, jangan sampai musik mengganggu komunikasi dengan tim medis.

Hal senada dikatakan dokter Paul Glasziou dari Bond University, Queensland, Australia. Menurut dia, musik adalah intervensi sederhana yang murah dan bisa membuat pasien lebih merasa nyaman.

Selanjutnya, peneliti berencana mengembangkan penelitian apakah musik juga bermanfaat jika didengarkan oleh pasien saat operasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com