Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2015, 20:07 WIB

KOMPAS.com — Anda tentu pernah mengalami hal ini. Setelah makan sesuatu, kemudian aroma makanan tersebut tercium dari air seni. Ini menunjukkan bahwa apa pun yang Anda konsumsi akan berpengaruh pada tubuh. Pada wanita, makanan yang Anda konsumsi juga bisa memengaruhi kondisi organ vital, yaitu vagina.

"Vagina yang sehat memiliki pH asam alami, yang berperan sebagai bakteri sehat untuk menangkal infeksi dan menjaga semua dalam keadaan normal," ujar Mary Rosser, MD, PhD, spesialis kandungan dari Montefiore Medical Center di New York.

Akan tetapi, makanan yang Anda konsumsi dapat memengaruhi pH alami tersebut, bahkan hingga menimbulkan bau tak sedap. Misalnya, rempah-rempah, bombai, bawang putih, daging merah, susu, asparagus, dan alkohol. Semua itu dapat memengaruhi keseimbangan alami pH vagina. Namun, apa pun efeknya, ini hanya akan berlangsung selama dua sampai tiga hari setelah Anda selesai mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Jadi, karena Anda tak hanya makan untuk mengenyangkan perut, tetapi juga untuk kesehatan vagina, Rosser menyarankan agar wanita lebih banyak mengonsumsi buah-buahan segar, sayur-mayur, biji-bijian, dan jangan pernah terlewatkan untuk minum banyak air.

Jika Anda pencinta yoghurt, termasuk Greek yogurt, ini adalah salah satu makanan yang baik untuk vagina Anda. "Yoghurt mengandung kultur hidup dan aktif yang dikenal dengan probiotik, dan ini dapat membantu mempertahankan pH asam vagina yang alami, sehat, dan seimbang," ujar Rosser.

Rosser menambahkan, satu hal lagi yang tak boleh diremehkan adalah mengurangi konsumsi gula. Pasalnya, wanita dengan kadar gula darah tinggi akibat diabetes berisiko lebih tinggi mengalami infeksi jamur di area vagina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com