Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2015, 09:58 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Daily Mail
KOMPAS.com - Ingin berhenti merokok? Cobalah main game tetris agar tidak ingin merokok lagi. Para ahli menemukan kunci untuk menghentikan ketagihan rokok, makanan dan bahkan juga seks adalah bermain game komputer.

Dalam penelitian para psikolog menanyai lusinan mahasiswa untuk melapor kapan saja mereka merasa ketagihan dan seberapa kuat perasaan itu sebelum melapor kembali dalam 15 menit.

Separuh dari peserta diberi iPad untuk bermain tetris di antara laporan-laporan itu. Para ahli menemukan ketagihan itu berkurang sampai seperlima.

Para peneliti dari Playmouth University memperkirakan main game mengurangi ketagihan karena menduduki proses mental sama yang digunakan untuk membayangkan ketagihan. Penelitian selama seminggu itu juga melibatkan 31 mahasiswa S1 usia antara 18-27.

Prof. Jackie Andrade dari Playmouth University mengatakan,"Ini adalah demonstrasi pertama gangguan kognitif dapat digunakan di luar lab untuk mengurangi ketagihan pada barang-barang tertentu dan aktivitas-aktivitas selain makan."

"Kami berpendapat efek tetris terjadi karena ketagihan melibatkan imajinasi pengalaman mengonsumsi zat-zat tertentu. Bermain game yang menarik secara visual seperti tetris, mengisi proses mental yang mendukung imajinasi itu.Sulit untuk membayangkan sesuatu dengan jelas dan bermain tetris saat bersamaan," imbuhnya.

Prof.Jon May juga dari Playmoth University menambahkan,"Dampak tetris terhadap ketagihan sifatnya konsisten sepanjang pekan dan terhadap segala jenis ketergantungan. Mereka bermain game rata-rata 40 kali tetapi efeknya tidak hilang."

"Penemuan ini secara potensi penting karena sebuah intervensi yang bekerja sendiri. Hal ini sifatnya baru dan tak biasa. Manfaatnya akan menurun dari waktu ke waktu karena peserta menjadi biasa dengannya," tambahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com