Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2015, 17:19 WIB
KOMPAS.com - Organ hati atau liver memiliki tugas penting yang rumit demi kelangsungan seluruh fungsi tubuh. Liver juga disebut sebagai organ yang istimewa karena kemampuannya beregenerasi.

Kemampuan hati beregenerasi, yaitu dapat menyembuhkan diri sendiri dengan memperbaiki atau mengganti jaringan yang rusak, disebabkan karena fungsinya yang rumit dan banyak berurusan dengan bahan-bahan yang berpotensi merusak, salah satunya mendetoksifikasi darah.

Ada beberapa penyebab kerusakan hati, salah satunya adalah penyakit hepatitis. Kita mengenal banyak virus hepatitis, tapi yang paling banyak dikenal adalah hepatitis A,B, dan C.

Dari ketiga jenis hepatitis tersebut, menurut Dr.Ooi Choon Jin, ahli gastroenterologi dari Gleneagles Hospital Singapura, hepatitis B dan C yang perlu diwaspadai karena sangat menular dan bisa berkembang jadi kanker hati.

"Hepatitis A bisa sembuh total, sementara kalau hepatitis B dan C bisa menjadi hepatitis kronis, bahkan menjadi kanker hati," katanya dalam acara media edukasi mengenai penyakit hepatitis dan kanker hati bertajuk Operasi Kuning di Jakarta (19/8/15).

Baik hepatitis B dan C ditularkan melalui cairan tubuh. "Virus hepatitis B bisa ditularkan lewat hubungan seksual, dari jarum suntik, atau dari ibu kepada bayinya," katanya.

Sementara itu hepatitis C disebarkan melalui darah, produk darah serta jarum suntik atau jarum tato yang terkontaminasi. "Hepatitis C dapat berkembang menjadi penyakit hati kronik seperti sirosis, bahkan kanker hati," kata Ooi.

Gejala hepatitis C antara lain rasa lelah kronis, nafsu makan turun bahkan hilang, kulit dan mata kuning, lemas, mual, dan nyeri sendi. Jika menemukan gejala tersebut, periksakan darah segera.

Menurut Ooi perburukan penyakit hepatitis C bisa dicegah. "Saat ini sudah ada obat-obatan oral yang dikonsumsi sekali sehari namun sangat bagus dalam mencegah virusnya bereplikasi," katanya.

Walau obat-obatan tersebut dapat menurunkan jumlah virus, tapi jarang sekali dapat menghilangkan virus hepatitis dengan tuntas. Bahkan, jika kerusakan hati sudah sedemikian luas dan obat-obatan tidak lagi membantu, dokter akan merekomendasikan pencangkokan hati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com