Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Ini Cara Singkirkan Bakteri dari Botol Minum

Kompas.com - 24/08/2015, 18:10 WIB
KOMPAS.com - Botol minum mungkin termasuk dalam benda yang tak pernah Anda tinggalkan saat keluar dari rumah. Selain dengan air putih, kita juga bisa mengisinya dengan infused water yang lebih menyegarkan.

Satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah menjaga kebersihan botol minum. Bakteri sangat menyukai lingkungan yang gelap dan lembab. Ketahui beberapa hal berikut ini untuk menyingkirkan bakteri dari botol minum.

- Air hangat
Tiriskan air dari botol lalu tambahkan beberapa tetes sabun cuci botol dan sedikit air hangat. Kocok sekitar satu menit lalu sikat dengan sikat botol khusus seluruh permukaan botol. Jangan lupa bersihkan bagian tutup dan tali.

- Cuka
Cuka adalah pembersih alami untuk membunuh kuman dan bakteri. Anda bisa meneteskan cuka setelah botol dicuci dengan sabun dan air sampai bersih. Kemudian diamkan air dan cuka semalaman lalu bilas keesokan paginya. Meski begitu, cuka tidak efektif membunuh semua jenis kuman, misalnya saja virus flu.

- Cairan pembersih
Jika Anda sangat khawatir masih ada kuman yang tertinggal, sebaiknya gunakan cairan pemutih dosis rendah yang bisa dipakai secara reguler. Caranya, gunakan satu sendok teh pemutih untuk satu liter air. Lalu masukkan cairan tersebut ke dalam botol dan diamkan sekitar dua menit. Bilas sampai bersih.

- Tablet pembersih
Ada banyak tablet pembersih botol atau untuk gigi. Isi botol dengan air, masukkan tablet sampai larut. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas dengan air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com