Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2015, 12:15 WIB
KOMPAS.com - Profesi yang kita geluti sehari-hari bukan hanya mendatangkan penghasilan, tapi juga risiko kesehatan. Tiap profesi memiliki risikonya sendiri.

Sudah lama diketahui bahwa orang yang pekerjaannya mengharuskan ia untuk berdiri lama, misalnya penata rambut, guru, atau ahli bedah, lebih rentan pada penyakit varises. Tapi mereka yang banyak duduk juga tak luput dari risiko penyakit, misalnya saja diabetes melitus atau penyakit jantung.

Berikut adalah beberapa risiko penyakit yang dihadapi beberapa profesi.

- Pembuat roti
Sekitar 10 persen penyakit asma pada orang dewasa dipengaruhi oleh pekerjaan mereka. Salah satu yang beresiko besar adalah pembut roti. Protein dalam tepung yang terhirup bisa dianggap zat asing oleh tubuh sehingga menyebabkan respon alergi.

Selain pembuat roti, pekerjaan yang beresiko besar menyebabkan asma antara lain orang yang banyak berurusan dengan hewan atau pun penata rambut.

- Guru
Guru lebih rentan mengalami gangguan pada suara. Ini karena mereka kerap harus meninggikan suaranya di kelas. "Kombinasi antara bicara keras dan terlalu sering bisa menyebabkan banyak hal, mulai dari suara serak, atau rasa terbakar di tenggorokan," kata Declan Costello, dokter spesialis THT.

Suara serak dan nyeri di tenggorokan juga bisa menjadi tanda adanya nodul. Kondisi tersebut juga sering dialami penyanyi. Untuk mengatasinya diperlukan kontrol suara. Namun jika beberapa bulan tidak hilang, maka tindakan operasi diperlukan.

- Penata rambut
Paparan berbagai zat kimia membuat seorang penata rambut rentan pada berbagai gangguan kesehatan, misalnya saja asma, iritasi kulit, atau kulit meradang. Berdiri dalam waktu lama juga membuat masalah pada kaki, misalnya saja rasa nyeri pada bagian bawah kaki, varises, dan sebagainya.

- Pilot
Pilot termasuk dalam profesi impian banyak anak, tapi tahukah Anda bahwa pilon dan kru kabin beresiko besar menderita kanker kulit. Para ahli menduga hal tersebut terjadi karena paparan radiasi kosmik yang berasal dari luar sistem tata surya. Selain itu mereka juga terpapar radiasi ultraviolet karena selalu berada di ketinggian.

- Dokter gigi
Para dokter gigi menghabiskan banyak waktunya menunduk untuk mengobati masalah pada gigi. Akibat postur yang bungkuk itu mereka pun rentan mengalami sakit punggung.

- Perawat
Risiko seorang perawat mengalami dermatitis kontak 7 kali lebih besar dibanding profesi lain. Ini karena mereka sangat sering mencuci tangan atau menggunakan cairan pembersih, juga memakai sarung tangan lateks. Hal tersebut membuat mereka mengalami alergi, sehingga kulit menjadi gatal dan ruam kemerahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com