Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Air Tercemar Bisa Sebabkan Gangguan Hormon

Kompas.com - 26/08/2015, 12:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air tak hanya berisiko tercemar kuman maupun bakteri, tetapi juga bahan kimia. Pencemaran bahan kimia inilah yang berbahaya jika air dikonsumsi terus menerus.

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Umar Fahmi Achmadi mengatakan, minum air yang tercemar bahan kimia dapat menyebabkan gangguan sistem endokrin atau hormon yang dikenal dengan sebutan endocrine disrupting compounds.

"Jadi bahan kimia yang mengganggu sistem endokrin. Sistem endokrin itu, pembentukan hormon. Misalnya, ada beberapa bahan pencemar yang rumus kimianya mirip hormon estrogen pada perempuan," kata Umar di Jakarta, Selasa (25/8/2015).

Umar melanjutkan, jika hormon estrogen yang terganggu, maka bisa berdampak pada siklus menstruasi hingga kesuburan wanita, bahkan memengaruhi libido. Namun, belum ada penelitian yang membuktikan langsung kaitan antara minum air tercemar bahan kimia dengan kesuburan wanita maupun siklus menstruasi.

Menurut Umar, belum diketahui pasti bahan kimia apa yang bisa menyebabkan gangguan sistem endokrin. Sebab, pencemaran di air bisa terdiri dari berbagai bahan kimia seperti timah hitam, logam, dan merkuri.

"Kita sulit menuduh bahan kimia yang mana yang menyebabkan itu. Yang pasti semuanya itu tidak boleh ada di air minum," jelas Umar.

Sayangnya, bahan kimia ini tidak hilang, seperti halnya kuman atau bakteri yang bisa hilang jika dimasak hingga mendidih. Untuk air yang layak dikonsumsi, rumusnya 4T, yaitu tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna, dan tidak berbakteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com