Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nonton Video Kucing Bisa Hilangkan Kantuk di Siang Hari

Kompas.com - 27/08/2015, 12:50 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Mengantuk di siang hari cukup menggangu aktivitas sehari-hari bagi Anda yang sibuk bekerja. Biasanya, serangan kantuk akan datang setelah makan siang. Minum secangkir kopi pun akhirnya dianggap sebagai "senjata" penyelamat untuk mengusir rasa kantuk. Padahal, ada banyak cara untuk menghilangkan rasa kantuk selain minum kopi.

Salah satu cara yang paling menarik adalah dengan menonton video kucing. Menurut American Chemical Society, cara ini cukup ampuh untuk membuat seseorang tetap terjaga tanpa bantuan kafein.


Para ahli kimia tersebut mengatakan, menonton video kucing yang lucu dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin atau hormon cinta yang dapat membuat seseorang merasa bahagia. Di sisi lain, juga menurunkan hormon kortisol atau hormon stres.


Menurut mereka, peningkatan hormon oksitosin dan penurunan hormon kortisol tersebut bisa membuat seseorang lebih konsentrasi atau fokus.


Selain menonton video kucing, para ahli juga menyarankan banyak minum air putih. “Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Gejala yang lebih serius, yaitu kebingungan, jantung berdebar-debar, hingga pingsan,” jelas para ahli.


Para ahli mengungkapkan, tubuh manusia dewasa sebanyak 50-65 persen terdiri dari air. Ketika muncul rasa haus, berarti tubuh telah kehilangan 2-3 persen cairan dalam tubuh. 

Kondisi itu bisa memengaruhui kondisi mental dan fisik seseorang. Sebab, air merupakan komponen utama dari plasma darah yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen, protein, dan nutrisi ke seluruh tubuh.


Cara ketiga, menurut para ahli kimia, yaitu dengan mendengarkan musik maupun menari. Aktivitas tersebut bisa merangsang produksi hormon endorfin yang akan membuat seseorang merasa lebih bahagia dan bersemangat.


Musik juga dikenal sebagai pemicu rasa senang di bagian otak, dengan melepaskan hormon oksitosin seperti dopamin dan serotonin yang membuat suasana hati menjadi lebih baik.


Keempat, para ahli menyarankan untuk pergi ke luar ruang kerja di mana cukup terdapat cahaya terang, seperti sinar matahari maupun lampu. Kondisi cahaya terang dapat mengaktifkan neuron dalam hipotalamus kemudian melepaskan neurotransmitter yang disebut hypocretin.


Rasa kantuk berlebihan di siang hari bisa adi gejala narkolepsi, yaitu salah satu gangguan tidur. Narkolepsi ini disebabkan oleh kurangnya hypocretin. 


Terlepas dari itu semua, jika rasa kantuk sulit dihilangkan, menurut para ahli mungkin satu-satunya solusi adalah dengan tidur siang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com