Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2015, 13:37 WIB


KOMPAS.com
- Organ intim, seperti penis dan vagina harus dijaga dengan baik agar terhindar dari berbagai penyakit. Namun, tentu tanpa mengesampingkan organ tubuh lain yang  juga harus dijaga agar tetap sehat dan berfungsi secara optimal.


Sayangnya, hal tersebut sering dilupakan sehingga menimbulkan bakteri pada alat kelamin, infeksi, hingga penyakit kelamin. Bukan hanya wanita, pria pun harus memerhatikan kesehatan alat kelaminnya agar tak terjangkit penyakit kelamin pria, seperti memilih pakaian dalam yang tepat yang bisa menyerap keringat, sehingga organ intim tidak lembab dan juga tak lupa untuk membersihkan penis setelah buang air kecil.


Karena itu, menjaga kesehatan alat kelamin sangatlah penting agar tidak terjangkit penyakit penis, seperti berikut:

1. Kulit kering

Selain dapat membuat tak nyaman, kulit kering pada penis yang pecah-pecah dapat menimbulkan rasa nyeri. Kondisi tersebut terjadi biasanya dikarenakan oleh penis yang tak bersih, celana dalam yang juga tak bersih, serta pemilihan sabun mandi yang tidak dapat.


2. Penis bengkok

Normalnya, penis akan lurus saat ereksi. Tapi, penderita penis bengkok justru akan melengkung ke bawah, kiri, kanan atau bahkan menjadi lebih pendek, sehingga membuat penderita sulit mengalami ereksi.


3. Kutil kelamin

Kutil kelamin atau kondiloma akuminata biasanya tumbuh di permukaan tubuh yang hangat dan lembab. Untuk pria, kutil biasanya muncul di ujung atau batang penis. Kutil kelamin termasuk infeksi menular seksual (IMS) dan disebabkan Human papillomavirus. Dalam kondisi yang lebih buruk, kutil kelamin bisa berkembang menjadi kanker penis.


4.  Herpes

Jenis penyakit ini menimbulkan bintil-bintil berisi cairan jernih atau nanah yang berkembang di atas kulit yang memerah. Penyakit ini, ditularkan melalui hubungan badan yang disebabkan oleh virus. Penderita biasanya akan mengalami lemas, demam dan tidak nafsu makan.


5. HIV/AIDS

Penyebab HIV/AIDS disebabkan oleh transfusi darah, berhubungan intim tanpa pengaman serta gonta-ganti pasangan. Penyakit ini dapat melumpuhkan seluruh sistem kekebalan tubuh, sehingga mudah terserang penyakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com