Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2015, 11:45 WIB
KOMPAS.com - Mungkin Anda pernah mengalami satu atau dua malam kurang tidur dan keesokan harinya terbangun dengan loyo. Lalu beberapa hari kemudian mulai timbul gejala sakit di tenggorokan serta hidung tersumbat.

Kurang tidur merupakan penyebab mengapa Anda menderita flu. Para ahli sejak lama menemukan kaitan antara kurang tidur dengan penyakit flu atau salesma. Mereka yang tidur kurang dari 6 jam saat malam memiliki risiko 4 kali lebih besar terjangkit flu.

"Tidur merupakan faktor yang sangat penting melebihi faktor-faktor lain yang bisa membuat sakit. Tak peduli berapa usia Anda, level stres, ras, pendidikan, penghasilan, bahkan apakah Anda perokok atau bukan, kurang tidur adalah faktor penentu sakit flu," kata Aric Prather, peneliti.

Kurang tidur diketahui berdampak buruk bagi kesehatan karena menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga kita mudah jatuh sakit.

Meski pun untuk sehat kita tak boleh melupakan pentingnya aktivitas fisik dan pola makan, tetapi waktu tidur yang cukup sangatlah penting.

"Dalam budaya kita yang sibuk, ada semacam kebanggaan jika kita kurang tidur karena menyelesaikan banyak pekerjaan," kata Prather.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com