Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2015, 19:26 WIB

KOMPAS.com - Teh hijau terbukti dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang kemudia akan membantu menurunkan berat badan. Jumlah yang tepat dalam konsumsi teh hijau setiap harinya untuk menurunkan berat badan tidak didefinisikan.

Kebanyakan ahli mengatakan bahwa dua cangkir teh hijau per hari sudah cukup, perlu diingat terlalu banyak kafein juga tak baik bagi kesehatan tubuh. Tentu saja, batas maksimal asupan kafein berbeda pada setiap oranng, tergantung pada konsumsi makanan keseluruhan, kondisi eksehatan dan gaya hidup, sehingga disarankan untuk berkonsultasi dnegn dokter Anda.

Bagi Anda pecinta teh dan ingin memasukkan teh hijau dalam menu harian untuk membantu menurunkan berat badan, ini tipnya.

1. Sajikan panas

Meski secara teknis teh hijau dingin dan teh hijau panas adalah sama, tapi perbedaannya adalah versi dingin biasanya memiliki kadar air lebih banyak, karena es yang mencair. Inilah yang akan membuat teh hijau lebih cair dan sedikit mengurangi efeknya. Boleh saja jika Anda ingin mengonsumsi teh hijau dingin sesekali, namun usahakan lebih sering mengonsumsinya dalam keadaan panas untuk mendapatkan hasil maksimal.


2. 
Pilih kualitas terbaik

Pilihlah produk teh hijau terbaik, semakin baik produknya, biasanya juga akan semakin baik kualitasnya. Selain itu, pastikan tak ada tambahan pengawet, sehingga Anda mengonsumsi teh hijau yang benar-benar segar dan alami, yang secara alami kaya anti pksidan dan memberikan banyak manfaat sehat bagi tubuh manusia, termasuk membantu menurunkan berat badan.


3. 
Tambahkan teman yang menyehatkan

Tambahkan beberapa perasan lemon dalam teh hijau Anda untuk memberikan efek yang lebih baik dalam penurunan berat badan. Perpaduan ini secara alami akan membersihkan tubuh Anda dari racun-racun dan menurunkan kadar kolesterol. Begitu pula, jika Anda kurang menyukai rasa alami teh hijau, Anda bisa menambahkan sedikit madu.


4. Pilih yang segar

Seperti kebanyakan hal lain, efektivitas teh hijau dapat berkurang jika Anda tidak mengonsumsinya dalam keadaan segar. Kebanyakan kemasan teh hijau yang dijual di pasaran akan mencantumkan tanggal kadaluwarsa, tapi jika Anda membeli produk teh hijau mentah, pastikan Anda mengonsumsinya dalam enam bulan, ketika masih dalam kondisi segar. Karena pada saat inilah, kandungan anti oksidannya bekerja sangat efektif.


5. Ubah pola makan

Tentu teh hijau sangat sehat dan dapat membantu proses penurunan berat badan. Tapi, ini bukanlah solusi ajaib untuk mengatasi masalah kegemukan Anda. Agar teh hijau bekerja secara efektif dalam membantu penurunan berat badan Anda, penting untuk mengubah pola makan Anda juga. Lakukan kontrol pada kalori yang Anda konsumsi per harinya, pastikan bahwa Anda mengonsumsi makanan sehat yang dipenuhi dengan buah segar, sayuran segar, dan kalori yang sesuai kebutuhan tubuh. Sehingga, efek teh hijau dapat segera terlihat.

Satu hal yang harus diingat dan disadari, bahwa teh hijau saja tidak akan emmbantu Anda mengurangi berat badan. Sehingga, hindari ketergantungan pada teh hijau. Anda harus emngonsumsinya dalam jumlah tepat dan mengimbanginya dengan pola makan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com