Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Kosmetik Kedaluwarsa Bisa Sebabkan 6 Masalah Kulit

Kompas.com - 03/09/2015, 08:00 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com — Kosmetik dapat menambah kecantikan alami Anda dan menutupi noda di kulit. Selain itu, kosmetik dapat membantu menjaga kulit tetap sehat sampai tahun-tahun mendatang. Namun, Anda harus pandai memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit dan mengaplikasikannya dengan benar untuk mendapat hasil maksimal.

Terpenting, perhatikan tanggal kedaluwarsa produk kosmetik Anda. Pasalnya, alih-alih membuat Anda terlihat tambah cantik, kosmetik kedaluwarsa justru dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan kulit, seperti berikut ini.

1. Peradangan kulit

Mengaplikasikan kosmetik kedaluwarsa dapat membuat kulit meradang dan ini bisa menjadi parah. Peradangan kulit akibat pemakaian kosmetik yang salah dinamakan dermatitis kontak. Gejalanya kulit iritasi dan gatal, kadang disertai kulit memerah dan bentol.

2. Alergi

Kosmetik yang sudah lewat tanggal berlakunya dapat menyebabkan banyak gejala alergi, seperti ruam, bentol, lecet, dan bengkak. Ini bisa menjadi infeksi kulit parah yang menyebabkan pembentukan nanah.

3. Guratan pada kulit

Satu lagi harga yang harus dibayar akibat menggunakan kosmetik kedaluwarsa adalah guratan atau bekas luka pada kulit. Alergi kulit, meski sudah diobati, biasanya meninggalkan bekas yang butuh waktu cukup lama untuk hilang.

4. Infeksi mata

Kosmetik untuk mata seperti maskara jika kedaluwarsa dapat menyebabkan banyak masalah, misalnya peradangan dan infeksi. Mata bisa menjadi sangat merah, gatal, dan iritasi. Anda juga bisa menderita konjungtivitis (infeksi mata parah).

5. Jerawat

Kosmetik dirancang untuk bekerja dengan cara tertentu. Bila menggunakan kosmetik kedaluwarsa, bahan-bahan tidak bekerja dengan cara yang seharusnya. Akibatnya, hal itu dapat menghalangi pori-pori dan menimbulkan jerawat.

6. Rambut rontok

Penerapan produk perawatan rambut kedaluwarsa pada kulit kepala dan rambut bisa menyebabkan kerusakan, seperti rambut rontok, rapuh, dan infeksi kulit kepala.

Kadang, tanggal kedaluwarsa di kemasan sudah hilang atau samar-samar. Anda perlu cara lain untuk tahu apakah produk yang Anda pakai sudah lewat waktu atau belum. Mudah saja, jika isi produk sudah berubah bentuk, warna atau bau, itu artinya sudah harus "dipensiunkan". Misalnya, krim wajah yang sudah mengeras atau lipstik sudah berbau aneh sebaiknya segera Anda ganti dengan yang baru supaya kulit tetap cantik dan sehat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com