Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monas Berwarna Ungu Selama September Ini, Ada Apa?

Kompas.com - 03/09/2015, 08:40 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama September ini, cahaya lampu Monumen Nasional (Monas) pada malam hari akan berwarna ungu. Hal itu ternyata dalam rangka memeringati Bulan Alzheimer Dunia yang jatuh setiap bulan September.

Executive Director Alzheimer’s Indonesia DY Suharya mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit Alzheimer.  

“Kami mengapresiasi komitmen Bapak Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang konsisten mendukung berbagai kampanye untuk meningkatkan kesadaran pencegahan penyakit Demensia Alzheimer sejak September 2013 hingga saat ini,” kata DY Suharya, Rabu (2/9/2015).

Rencananya, selama September ini juga akan diputar video informasi tentang 10 Gejala Alzheimer di lebih 30 titik LED atau videotron di DKI Jakarta. Dukungan lainnya, yaitu Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah memasukkan materi sosialiasi gejala Alzheimer ke dalam Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) kepada sekitar 10,000 siswa SMP, SMA, SMK di 5 wilayah DKI Jakarta sejak akhir Juli lalu. Para siswa juga diberi edukasi tentang bagaimana mengurangi risiko Alzheimer sejak dini.

Selain itu, berbagai acara juga digelar selama bulan September. Pada 11 September 2015 nanti, Executive Director Alzheimer’s Disease International, Marc Wortmann rencananya akan mendatangi Balaikota DKI Jakarta untuk bertemu Basuki.

Menurut DY, Mark datang untuk memberikan apresiasi kepada Basuki atau pria yang akrab disapa Ahok itu atas usahanya yang konsisten untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota ramah lansia (lanjut usia).

Kemudian, akan ada kegiatan jalan sehat bersama, deteksi dini penyakit Alzheimer, goyang poco-poco, senam kesegaran jasmani, hingga gerak latih otak bersama di Monas pintu barat daya dan Car Free Day Thamrin, area Balai Kota Medan Merdeka Selatan dan sekitarnya, pada Minggu pagi (27/9/2015).

Tak hanya Indonesia, 84 negara lainnya juga serentak merayakan World Alzheimer Month 2015 dengan tema “Remember Me” dan #MelawanPikun! Alzheimer merupakan penyakit emensia atau pikun yang umumnya terjadi pada lansia. Alzheimer terjadi karena adanyagangguan pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat hingga kemampuan mental.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com