Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2015, 10:01 WIB

KOMPAS.com — Kekuatan otak adalah topik menarik yang membawa para peneliti turun ke lapangan. Akan selalu ada sesuatu yang menarik untuk ditemukan dalam studi baru yang berfokus pada bagaimana otak bekerja dan bagaimana kita bisa meningkatkan kekuatannya. Apalagi, otak manusia memang memiliki karakter yang unik jika dibandingkan dengan makhluk lain di dunia.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kekuatan otak Anda dan itu bisa dilakukan pada usia berapa pun, karena otak tak pernah berhenti berkembang. Studi menunjukkan, pagi hari adalah waktu terbaik untuk meningkatkan aktivitas otak Anda. Para ahli menyarankan 8 “obat” untuk meningkatkan kekuatan otak pada pagi hari.

Banyak cara yang yang dilakukan untuk membuat otak bekerja lebih baik. Tahukah Anda bahwa makanan memainkan peranan penting? Banyak orang berpikir, makanan yang dikonsumsi hanyalah untuk kekuatan fisik. Padahal, makanan juga berperan dalam meningkatkan kekuatan otak Anda.

Salah satu cara meningkatkan kekuatan otak pada pagi hari adalah mulai dengan sarapan yang sehat. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengambil keputusan dan belajar berbagai hal. Intinya, pada pagi hari, otak siap mulai bekerja. Berikut ini 8 cara meningkatkan kekuatan otak pada pagi hari:


1. 
Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air dingin adalah salah satu cara ampuh meningkatkan kekuatan otak Anda pada pagi hari. Cobalah segera mandi dengan air dingin sesaat setelah bangun tidur. Ini akan meningkatkan kualitas otak dan meningkatkan produktivitas Anda saat bekerja.

2. Mendengarkan musik favorit

Terapi musik sangat terkenal dan disarankan oleh para dokter. Anda bisa memainkan musik favorit untuk memulai hari Anda. Bukan hanya dapat mengurangi stres, melainkan juga memberi energi yang cukup untuk otak dan akan membuat Anda aktif baik mental maupun fisik


3. 
Bangun tidur tepat waktu

Pastikan Anda bangun pada waktu yang sama setiap hari. Bangun tidur pada waktu yang sama akan membantu meningkatkan kekuatan otak. Kebiasaan ini akan membantu Anda mudah mengambil keputusan dan Anda akan penuh energi sepanjang hari.


4. 
Nikmati secangkir kopi

Menikmati secangkir kopi dalam jumlah secukupnya dapat meningkatkan kemampuan otak Anda. Menurut penelitian, kopi dalam jumlah cukup dapat memberi keajaiban pada otak Anda dan akan meningkatkan kemampuan ingatan Anda.


5. 
Sarapan sehat

Sarapan sehat dipercaya sebagai penambah energi untuk tubuh manusia di berbagai usia. Ini adalah salah satu cara terbaik dan termudah yang sebaiknya tidak dilewatkan untuk meningkatkan kemampuan otak.


6. 
Olahraga

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com