Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2015, 20:01 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Mimpi erotis dapat menyampaikan pesan. Bahkan psikoanalisis ternama, Alm. Sigmund Freud percaya bahwa perilaku seksual memengaruhi perilaku kita. Dia juga tergila-gila pada masa semi-represif Victorian di mana impian seksual dianggap punya arti tertentu. Dan inilah beberapa tafsir mimpi erotis.

Mimpi erotis dengan orang asing

Malam kemarin Anda mimpi berhubungan intim dengan pria asing yang Anda lihat di supermarket. Malam ini Anda bermimpi bermesraan dengan dosen sejarah sewaktu kuliah yang tidak Anda kenal dekat. Apakah ini berarti Anda berpotensi nakal dan suka ganti-ganti pasangan? Walau kemungkinan itu mungkin saja ada, tapi arti sebenarnya mimpi semacam ini adalah  Anda memiliki libido yang sehat. Hanya saja, otak Anda mencoba memberitahu bahwa ada kebutuhan fisik yang belum atau tidak cukup terpenuhi.

Mimpi erotis adalah jalan keluar yang paling aman atas masalah yang Anda hadapi karena di dunia nyata Anda belum juga dapat solusinya. Jika sumber masalahnya adalah status Anda yang single, mungkin sekarang sudah saatnya menerima kehadiran cinta yang baru.

Mimpi erotis yang romantis

Anda bermimpi melakukan hubungan seks dengan seseorang. Tapi, ketika bangun yang paling Anda ingat bukan hubungan seksnya melainkan hal-hal romantis sebelum dan sesudah hubungan seks itu. Makan malam romantis, pemanasan di sofa, pelukan sebelum penetrasi atau obrolan yang intim.

Artinya, Anda sedang sangat merindukan untuk diperlakukan lebih baik dan mesra oleh pasangan. Atau Anda menginginkan keterbukaan dan kejujuran lebih dari yang sekarang. Bicarakan dengan pasangan keinginan Anda itu.

Mimpi erotis dengan mantan

Sudah tiga bulan Anda menjalin hubungan dengan orang yang menurut Anda baik dan hebat. Tapi entah mengapa, suatu malam, mantan Anda datang dalam mimpi dan kalian bermesraan hingga mencapai orgasme yang begitu hebat.

Apakah ini artinya pasangan Anda yang sekarang tidak sehebat mantan di tempat tidur? Eits, jangan dulu menyimpulkan demikian. Otak kita bekerja dengan cara unik yaitu menyimpan memori suatu kejadian dan ketika ada kejadian yang mirip terjadi, otak langsung menghadirkan simpanan cerita yang sudah lama disimpan. Sederhananya seperti de javu.

Jadi, karena partner Anda yang sekarang mampu memuaskan Anda di tempat tidur, lalu otak mencari-cari kejadian masa lalu lengkap dengan tokohnya yang pernah membuat Anda mengalami kepuasan yang sama. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang hal ini selama Anda bisa menahan diri untuk tidak mengacaukan hubungan yang sekarang karena bermain api dengan masa lalu.

Mimpi erotis berulang dengan mantan yang sama

Nah, ini baru masalah. Maksudnya, mimpi seperti ini dikategorikan bukan sekadar mimpi erotis, tapi sinyal kesedihan dan rasa kehilangan. Ini berhubungan dengan keikhlasan Anda melepas masa lalu. Jalan  terbaik adalah terus melangkah ke depan. Tapi jika sosok mantan terus datang dalam mimpi, cobalah untuk menuliskan perasaan Anda di secarik kertas atau dalam draft email. Meski Anda tidak bermaksud mengirimkannya pada mantan, tapi cara ini akan membantu meringankan beban pikiran.

Atau, jika Anda berani dan menurut Anda itu perlu, kirimkan saja. Ini bukan untuk mengungkit masa lalu atau membuka luka lama, tapi untuk menyampaikan unek-unek yang dulu belum sempat diucapkan. Sehingga, Anda akan merasa lebih lega karenanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com