Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Harus Diketahui Anak agar Terhindar dari Penculikan

Kompas.com - 05/09/2015, 09:17 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kasus anak hilang sering kali terjadi. Entah itu karena hilang di tengah keramaian atau diculik. Untuk itu, orangtua perlu mengajari anak agar terhindar dari penculikkan maupun agar cepat ditemukan ketika hilang. Namun, untuk mengajari anak perlu secara bertahap, disesuaikan dengan usia mereka.

Psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani mengatakan, anak mengalami fase untuk memahami apa yang dikatakan orangtuanya. Anak usia 1-3 tahun, misalnya, akan lebih sulit menghafal nama lengkap dan alamat rumahnya, dibanding anak 3-5 tahun.

“Jadi kalau anak 1-3 tahun belum bisa menyebutkan nama lengkap, apalagi menghafal nomor telepon orangtua, ya jangan dimarahi,” kata psikolog yang biasa disapa Nina itu dalam Kelas Parenting TigaGenerasi “Is Stranger Danger” di Conclave Coworking Space, Jakarta Selatan, Kamis (3/9/2015).

Berikut ini hal yang harus diketahui anak sesuai kelompok umur seperti disampaikan Nina:

Usia 1-3 tahun

Pada usia ini anak sudah bisa menyebut nama panggilannya, mengetahui nama orangtuanya, dan diajarkan untuk selalu melihat orangtua tak lebih dari tiga langkah dari tempat anak berdiri.

“Jika sudah mengetahui nama orangtua, jika hilang atau terpisah, bisa langsung teriak memanggil nama mama atau papanya,” kata Nina.

Usia 3-5 tahun

Memasuki usia 3-5 tahun, anak sebaiknya sudah tahu nama lengkapnya, nama lengkap orangtua dan alamat, serta letak kartu nama orangtua. Kemudian, anak diajarkan untuk tetap di tempat jika terpisah, lalu orangtua akan mencari dan anak harus pamit jika memisahkan diri.

Usia 5-7 tahun

Memasuki usia sekolah, anak sudah bisa menghafal nomor telepon orangtua, tahu siapa lagi yang bisa dikontak selain orangtua, tahu untuk menemui siapa jika terpisah dari orangtua, dan minta tolong orang yang dipercaya untuk menelepon orangtua. Selain itu, anak juga sudah bisa menolak barang atau makanan dari orang yang tidak dikenal.

Usia di atas 7 tahun

Pada usia ini, anak sudah tahu tempat aman untuk berkumpul, tidak masuk ke mobil orang lain tanpa orangtua, dan tidak sendirian jika memisahkan diri dari orangtua saat berjalan-jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com