Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2015, 19:45 WIB
TANYA:

Salam dokter, saya adalah pria berusia 50 tahun yang sudah menikah lebih dari 25 tahun dan memiliki 3 anak. Meski sudah memasuki usia kepala lima tapi saya dan istri masih rutin berhubungan seksual dan tidak ada masalah dengan kemampun ereksi.

Yang jadi pertanyaan, mengapa akhir-akhir ini saya kerap merasa sakit kepala setiap habis berhubungan seks. Kondisi itu cukup mengganggu. Apakah kira-kira penyebab sakit kepala itu ya dok. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Bapak M, Surabaya.

JAWAB:

Syukur kalau fungsi ereksi Anda masih baik sehingga dapat tetap melakukan hubungan seksual dan dapat memnuaskan istri. Mengenai sakit kepala yang terjadi setelah melakukan hubungan seksual, biasanya berkaitan dengan tekanan darah yang meningkat pada saat itu.

Hampir semua bagian tubuh mengalami perubahan ketika orang melakukan hubungan seksual. Perubahan terbesar terjadi pada saat orgasme. Salah satu fungsi tubuh yang mengalami perubahan ialah tekanan darah.

Mungkin saja tekanan darah Anda memang cenderung tinggi, sehingga ketika mencapai orgasme menjadi semakin tinggi. Pada saat itulah terjadi sakit kepala itu. Sebagian orang, termasuk perempuan, juga mengalami apa yang Anda rasakan. Ternyata tekanan darah mereka lebih tinggi dari normal.

Saya sarankan Anda memeriksakan diri, khususnya tekanan darah. Dengan demikian kalau terjadi kecenderungan tekanan darah naik, maka dapat segera diberikan pengobatan yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com