Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2015, 08:00 WIB
KOMPAS.com — Meski Anda sudah menjadi anggota sebuah gym selama bertahun-tahun, bukan berarti Anda bisa seenaknya saat latihan di gym. Mengabaikan etika di gym (walau tidak tertulis), bisa merugikan orang lain.

Berikut adalah beberapa etika yang perlu diketahui saat berada di tempat latihan kebugaran:

1. Datang terlambat
Datang terlambat ke kelas aerobik tidak cuma mengganggu orang lain di kelas itu, tetapi juga sebenarnya berbahaya bagi Anda. Ini karena Anda melewatkan sesi pemanasan dan risiko cedera lebih besar. Jika Anda tahu bakal terlambat lebih dari 10 menit, atau meninggalkan kelas 10 menit lebih awal, lebih baik jangan ikuti kelas aerobik.

2. Bersikap seenaknya
Cukup sering karena tindakan seenaknya seseorang malah menghalangi orang lain memakai alat yang sama. Misalnya tidak membereskan alat setelah memakainya atau berlatih terlalu lama dengan satu alat tanpa memedulikan orang lain.

3. Terlalu sering "selfie"
Jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk selfie atau ngobrol di telepon ketimbang membakar keringat tentu akan merusak kenyamanan di tempat latihan. Ini menyangkut dengan privasi orang lain yang ada di sana. Sebaiknya, sesuaikan diri dengan aturan di tempat gym tersebut.

4. Merasa paling tahu
Mungkin Anda merasa bisa memberi tahu pria di sebelah Anda bagaimana melakukan latihan beban yang paling efektif atau cara melakukan push up yang benar. Tetapi, jika Anda tidak memiliki sertifikat kebugaran profesional, jangan terlalu gampang mengkritik atau memberi saran.

5. Bau
Selalu cuci perlengkapan olahraga Anda setelah selesai latihan, bukan hanya pakaian, melainkan juga handuk dan kaus kaki. Jangan sampai orang lain merasa terganggu latihannya karena mencium aroma tidak sedap dari tubuh Anda yang berkeringat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com