Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Olahraga yang Bisa Mengurangi Gejala Parkinson

Kompas.com - 12/09/2015, 11:48 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkinson merupakan penyakit gangguan gerak akibat rusaknya sel saraf di otak yang berfungsi mengontrol gerakan tubuh. Umumnya penderita parkinson mengalami tremor saat istirahat, tubuh kaku, hingga gerakan lamban.

Selain diatasi dengan minum obat, pasien parkinson juga tetap harus olahraga. Dokter Spesialis Saraf Frandy Susatia mengatakan, olahraga diperlukan untuk memperkuat tulang, memperbaiki keseimbangan tubuh, dan mencegah kekakuan sendi. Olahraga yang baik dilakukan oleh pasien parkinson, antara lain taichi, bersepeda, berenang, yoga, dan jalan kaki.

"Taichi misalnya, berguna untuk melatih keseimbangan, fleksibilitas, dan relaksasi. Atau bersepeda baik untuk koordinasi tubuh," ujar Frandy di Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Olahraga dalam air seperti berenang juga baik dilakukan karena akan lebih ringan bagi sendi dan tidak membutuhkan keseimbangan tubuh. Intensitas olahraga dapat dimulai secara bertahap. Misalnya, selama 10 menit per hari terlebih dahulu. Kemudian ditambah pada keesokan harinya hingga 30 menit per hari.

Usahakan juga melatih otot wajah, rahang, dan suara. Bisa dilakukan dengan sering bernyanyi, membaca sambil bersuara unuk memaksimalkan gerakan bibir. Lakukan olahraga sesuai kemampuan. Hentikan latihan fisik jika terasa sakit.

Frandy menambahkan, pasien parkinson juga harus menghindari makanan yang terlalu manis atau kadar gula tinggi, mengandung bahan pengawet, makanan siap saji, minuman bersoda, dan berakohol/

Penyakit parkinson hingga saat ini tidak dapat disembuhkan. selain konsumsi obat, olahraga, dan fisioterapi, operasi Stimulasi Otak Dalam atau Deep Brain Stimulation (DBS) juga bisa membantu mengurangi gejala parkinson.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com