Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2015, 11:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com — Seekor kucing bisa mendeteksi kanker di tubuh manusia mungkin merupakan hal yang sangat jarang terjadi. Biasanya, keahlian itu dimiliki anjing, yang memang dikenal memiliki penciuman tajam. Namun, seorang nenek bernama Sue McKenzie (64) asal Scunthorpe mengaku, kucing peliharaannya mampu mendeteksi kanker di tubuhnya.

Sue menceritakan, kucing bernama Tom itu awalnya sering menekan-nekan bagian leher Sue. Sue pun bingung karena biasanya kucing berbulu hitam dan putih itu lebih suka menyendiri dan tidak suka bermanja-manja dengan manusia. Sue justru khawatir ada sesuatu yang salah dengan Tom karena dia tak seperti biasanya.

"Saya pikir perilakunya sangat aneh karena tiba-tiba ia datang untuk duduk di sebelah saya, lalu menekan-nekan kakinya di bagian belakang leher saya sambil mengeong sangat keras," kata Sue.

Setiap kali Sue duduk, Tom selalu menghampiri bahu Sue dan menekan-nekan bagian leher. Tom melakukan hal itu selama lebih kurang dua minggu. Sue pun membawa Tom ke dokter hewan untuk cek kesehatan.

Ternyata, tidak ada masalah kesehatan pada kucing tua itu. Saat Sue menceritakan perubahan perilaku Tom, dokter pun mengatakan bahwa mungkin Tom sedang mencoba mengatakan sesuatu.

Akhirnya, Sue melakukan cek kesehatan. Hasil pemeriksaan menunjukkan ada benjolan di leher Sue. Benjolan itu adalah Hodgkin lymphoma, yaitu jenis kanker yang memengaruhi sistem limfatik. Dokter mengatakan, kanker itu telah masuk stadium tiga.

Sue pun menyesal sempat mengabaikan "tangisan" Tom saat menginjak-injak lehernya. Menurut dokter, benjolan di leher itu pasti lebih kecil jika terdeteksi sedini mungkin.

"Dokter bilang ke saya, 'Jika kucing Anda telah melakukan hal itu selama dua minggu, mengapa Anda tidak datang ke dokter lebih cepat?'" kata Sue menirukan ucapan dokter saat itu.

Setelah Sue mendapat penanganan oleh dokter, Tom tak lagi menghampiri dan menyentuh leher Sue. "Saya selalu berpikir, hewan memiliki indra keenam untuk hal seperti ini," kata Sue.

Agustus lalu, Sue menjalani operasi kanker dan kemoterapi. Sue sudah merasa lebih sehat sekarang. "Saya kira, itu semua berkat Tom. Dia telah menyelamatkan hidup saya," kenang Sue.

Sue menceritakan, Tom awalnya hanya kucing liar yang ia temukan sekitar 20 tahun lalu di depan pintu rumahnya. Sue dan suaminya tak tega membiarkan Tom kedinginan di tengah hujan saat itu. Mereka kemudian membawa Tom masuk ke rumah, dan memberikan kucing kecil itu makanan kaleng berisi kornet. Sejak itulah, Tom tinggal bersama Sue.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com