Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2015, 13:19 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Mau turun berat badan tidak cukup hanya bermodalkan niat. Anda juga wajib berhubungan baik dengan berbagai alat bantu dan asupan yang sesuai dengan ilmu kesehatan. Persahabatan dengan enam hal di bawah ini, tidak hanya akan membuat rencana diet sukses. Anda juga akan merasa lebih bugar, sehat dan senang.

1. Sepatu

Yang dimaksud di sini adalah sepatu olahraga. Sesi olahraga akan tambah nyaman, jika Anda memakai jenis sepatu yang tepat peruntukkannya. Pilih sepatu yang terbuat dari bahan sebagian besar katun agar kaki tetap bisa bernapas dan tidak lembap. Kaki lembap bisa jadi sarang bakteri dan jamur. Kalau kaki Anda sakit, olahraga tertunda dan bobot lebih lama turunnya.

2. Botol

Botol air minum bekas jangan langsung Anda buang. Itu bisa digunakan sebagai pengganti dumbell yang murah meriah. Isi botol dengan air atau pasir supaya bobotnya bertambah dan latihan kekuatan Anda semakin efektif. Botol juga bisa dimanfaatkan untuk membawa air putih ke manapun Anda pergi.

Selain untuk menghilangkan haus, penelitian membuktikan bahwa pelaku diet yang cukup minum lebih berhasil menurunkan berat badan. Ini jika dibandingkan dengan mereka yang jarang atau kurang minum.

3. Kalsium

Kalsium dibutuhkan tubuh untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Mineral ini juga sebaiknya dikonsumsi oleh orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan berlebih. Studi ilmiah yang dilakukan oleh University of Tennesse membuktikan bahwa makanan dan minuman kaya kalsium mampu mempercepat hasil diet hingga sebesar 50-70%.

Disarankan untuk mengonsumsi kalsium dari sumber-sumber alami yang rendah lemak dan kalori seperti sayuran hijau tua dan ikan laut. Jangan lupa konsumsi vitamin D karena vitamin D berguna untuk membantu tubuh menyerap kalsium.

4. Piring

Miliki piring yang ukurannya sedang atau kecil, dan singkirkan dulu piring makan ukuran besar.  Pasalnya, piring yang besar akan mendorong Anda mengambil makanan lebih banyak makanan dan ini berarti program diet bisa kacau balau.

Ada artikel di majalah People berjudul 10 Scientific Ways to Lose Weight mengatakan bahwa mengurangi ukuran piring makan dari 24 cm menjadi 20 cm, terbukti dapat mengurangi porsi makan sebesar 22%. Di artikel itu juga disarankan agar mengunyah dengan lebih perlahan. Mengunyah perlahan akan membuat Anda lebih cepat kenyang sehingga secara otomatis porsi makan juga jadi berkurang.

5. Buku catatan

Catatlah apa saja yang Anda makan setiap kali selesai makan. Kebiasaan mencatat apa yang Anda konsumsi, menurut Lesley Lutes, PhD., asisten profesor.

departemen psikologi East Carolina University, mampu membentu kebiasaan makan yang baik dan lebih terkontrol. Selain itu,  ada penelitian di Amerika Serikat yang juga membuktikan hal yang sama. Relawan yang terbiasa mencatat makanannya dan berolahraga rutin, ternyata dua kali lebih cepat turun berat badan dibanding yang tidak. Dalam waktu enam bulan, para relawan itu bobotnya berkurang sebanyak 6 kg.

6. Akun media sosial

Misalnya Facebook atau Twitter. Setelah itu jadilah pengikut atau follower  situs-situs kesehatan atau diet terpercaya seperti Kompas Health. Ini supaya Anda tetap update dengan trik dan berita tentang diet yang sehat. Bahkan lewat sosial media, Anda juga bisa berkonsultasi online dengan pakar kesehatan atau nutrisi. Gratis, lho!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com