Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan dan Minuman untuk Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 25/09/2015, 13:13 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com –Banyak orang tak menemukan alasan mengapa susah tidur malam, mata sulit terpejam, atau tidak ada rasa kantuk. Tapi, cobalah cek apa yang Anda makan dan minum sebelum tidur malam. Menurut peneliti, makanan dan minuman dapat memengaruhi seseorang untuk sulit tidur pada malam hari.

Hindari makanan yang mengandung tinggi garam dan lemak. Garam yang tinggi hanya akan membuat tubuh merasa dehidrasi pada malam hari.

Untuk meningkatkan kualitas tidur yang baik, pilihlah makanan yang dapat meningkatkan kadar serotonin dan melatonin di otak.  Berikut daftar beberapa makanan dan minuman yang bisa membuat tidur lebih nyenyak pada malam hari.

Biji-bijian

Makanan kelompok biji-bijian seperti beras merah, biji rami, dan quinoa mengandung triptofan tinggi untuk produksi serotonin di otak. Quinoa yang mengandung protein tinggi dan magnesium itu juga dapat merelaksasi otot-otot. Konsumsilah secara teratur saat makan malam jika ingin mendapat tidur lebih nyenyak pada malam hari.

Pisang

Pisang yang mengandung magnesium juga dapat mengendurkan otot-otot yang tegang. Pisang juga mengandung triptofan yang memicu produksi serotonin di otak. Serotonin dapat membuat perasaan relaks, memperbaiki suasana hati sehingga membantu tidur lebih nyenyak. Makanlah pisang dua jam sebelum tidur.

Ceri

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi ceri dapat meningkatkan melatonin dalam tubuh. Para peneliti di Northumbria University bahkan mengungkapkan bahwa minum jus ceri jenis Montmorency dapat menambah jam tidur 40 menit lebih lama dari biasanya.

Melatonin merupakan hormon yang membuat tidur terlelap. Di beberapa negara, ada tablet melatonin yang diminum oleh orang insomnia atau susah tidur malam hari dan mereka yang siklus tidurnya terganggu karena jet lag. Ceri adalah makanan alami untuk membantu mengatasi masalah kesulitan tidur.

 Anggur

Selain tinggi kalium dan magnesium, anggur juga memicu mengandung melatonin yang memiliki manfaat sama seperti ceri. Konsumlilah buah anggur, jangan buah anggur yang telah diproses menjadi minuman beralkohol. Sebab, kandungan melatonin telah hilang pada anggur yang diproses menjadi alkohol.

Kacang almond

Almond juga kaya akan magnesium dan triptofan sehingga baik untuk relaksasi otot sekaligus memudahkan seseorang untuk tidur. Almond juga dapat menstabilkan kadar gula darah.

Kubis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com