Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2015, 20:25 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Sayuran identik dengan makanan sehat dan sahabat para pelaku diet. Padahal, tak semua jenis sayur bisa membantu Anda menurunkan berat badan lho. Bagi Anda yang sedang dalam misi menambah berat badan, mengonsumsi beberapa jenis sayuran ini justru bisa membantu menambah cadangan lemak di tubuh. Sayangnya, bagi Anda yang sedang dalam misi sebaliknya, beberapa sayuran ini bisa saja membawa berita buruk. Sebab, seringnya makan sayuran tersebut ternyata bisa bikin gemuk.

 

Para peneliti dari Harvard School of Public Health memberikan analisa penambahan berat badan yang dialami oleh 130 ribu orang Amerika, pria maupun wanita, setelah mereka mengonsumsi sayuran tersebut selama 4 tahun. Hasilnya? Kentang menjadi salah satu sayuran tinggi karbohidrat yang bisa dengan cepat membantu Anda menaikkan berat badan. Selain itu, beberapa jenis sayuran lain yang memiliki efek yang sama dengan kentang ialah jagung manis dan kacang polong.

 

Rebecca Lawton dari British Dietetic Association menanggapi, sebenarnya masih ada ruang untuk menghadirkan kentang dalam piring saji kita, yaitu sebesar kepalan tangan untuk sekali makan. Bagaimanapun, kentang kaya akan vitamin C dan kalium. Agar kentang tak menimbulkan dampak buruk bagi berat badan, sebaiknya tidak menggabungkan kentang dengan jagung manis maupun kacang polong. Hindari juga megonsumsi kentang bersama, roti, nasi, pasta, atau sumber karbohidrat lainnya.

 

Walau begitu, para peneliti juga menemukan alternatif sayuran pengganti yang bersahabat untuk para pelaku diet. Sebagai asupan karbohidrat yang lebih rendah kalori ketimbang kentang, segenggam nasi cokelat atau satu lembar roti gandum utuh bisa menjadi pilihan. Untuk sayuran, sayur yang paling bersahabat dalam menjaga berat badan ialah kembang kol, brokoli, dan kubis.

 

Selain sering mengonsumsi ketiga sayuran tadi, mengombinasikan mereka dengan buah-buahan yang dikenal sebagai “pembakar” lemak akan memberi hasil diet yang lebih baik lagi. Buah-buahan tersebut ialah blueberry, apel, pir, stroberi, kismis. Mereka dikenal bisa menurunkan berat badan hingga setengah kilo bila dikonsumsi rutin selama masa diet.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com