Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2015, 12:00 WIB
KOMPAS.com - Para pecinta kopi kini semakin dimanjakan dengan hadirnya gerai-gerai kopi, baik yang lokal atau internasional. Tapi minuman pembangkit semangat ini bisa menjadi musuh dalam selimut diet Anda karena dalam satu cangkirnya dapat menyimpan ratusan kalori, tergantung pada jenis susu dan juga topping yang kita pakai.

Oleh karena itu jika Anda sedang berdiet, sebaiknya perhatikan juga sumber kalori dari minuman, termasuk kopi. Jika tidak diperhatikan, bukan tidak mungkin asupan kalori dari satu gelas racikan kopi favorit Anda bisa setara dengan satu potong cake.

Kopi klasik
Secangkir (236 ml) kopi tanpa gula yang diseduh dengan air panas mengandung 2 kalori dan 0 lemak. Tetapi setelah kopi itu ditambahkan dengan gula, krim, atau susu, maka jumlah kalorinya sama dengan dessert. Karena itu untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi di pagi hari, minumlah kopi hitam.

Espresso
Kopi espresso adalah kopi bubuk yang sangat halus dan dipanaskan dalam sedikit air mendidih. Espresso biasanya disajikan dalam jumlah sedikit (kurang dari 100 ml) atau ditambahkan dalam minuman kopi biasa. Dalam sajian 60 ml, hanya terkandung 5 kalori.

Cappuccino
Minuman kopi khas Italia ini dibuat dari campuran espresso dan buih susu atau dengan whipped cream. Kandungan kalorinya sangat tergantung pada jenis susu yang dipakai. Jika dibuat dari susu full cream atau whole milk, dalam 350 ml bisa mengandung 120 kalori, jika memakai susu nonlemak hanya mengandung 75 kalori, dan susu kedelai hanya 64 kalori.

Latte
Ini adalah varian lain dari minuman kopi ala Italia. Latte mengandung susu lembut yang dihangatkan dengan uap air  dan juga tambahan 2 shot espresso serta lapisan tipis foam di atasnya. Kebanyakan kalori dari minuman ini berasal dari tambahan susu dan gula. Tergantung pada jenis susunya, tapi kalori dari minuman ini sekitar 120-200 kalori.

Tambahan topping
Anda bisa terhindar dari tambahan ratusan kalori kosong jika lebih memperhatikan sumber kalori yang bisa dihindari. Menurut Mayo Clinic, tambahan satu sendok teh whipping cream menghasilkan 52 kalroi, sementara gula akan menambah 49 kalori, dan susu tanpa lemak menambah 5 kalori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com