Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kehidupan Seks

Kompas.com - 29/09/2015, 20:11 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Kesehatan seksual tidak semata tentang infeksi menular dan alat kontrasepsi. Kesehatan dan kemampuan seksual, berhubungan erat dengan kesehatan kita secara keseluruhan. Dan itu artinya berhubungan juga dengan kebiasaan kita sehari-hari, kata Eric Garrison, MSc, pakar seksologi dan penulis buku Mastering Multiple-Position Sex.

Kebiasaan buruk dan kondisi tertentu seperti di bawah ini dapat menjauhkan Anda dari kehidupan yang romantis dan membuat aktivitas suami-istri jadi terganggu.  Baca terus agar Anda dapat belajar dan tahu jalan keluarnya.

1. Anda tidak cukup tidur

Kurang tidur tidak hanya membuat Anda lelah dan rentan terhadap penyakit, tetapi juga telah terbukti memiliki dampak buruk bagi kehidupan seksual pria dan wanita, demikian menurut sebuah studi oleh Brain Research.

Berapa banyak waktu tidur yang Anda butuhkan dalam satu hari? Jawabannya adalah 5 sampai 7 siklus REM lengkap, atau 7-9 jam permalam, kata Garrison. Dia menyarankan Anda mengunjungi situs online sleepyti.me  untuk menghitung kapan Anda harus  jatuh tertidur untuk dapat bangun dengan segar.

                                   

2. Malas beraktivitas fisik

Napas dan jantung yang kuat, stamina, serta kekuatan dan fleksibilitas, hanya bisa Anda dapat jika menjadikan olahraga jadi keseharian. Penelitian juga menunjukkan manfaat olahraga yang dilakukan tepat sebelum Anda bercinta, yaitu meningkatkan denyut jantung dan aliran darah.

Peningkatan keduanya dapat merangsang organ seks Anda, kata Nicole Prause, PhD, pendiri UCLA's Liberos Center, yang dalam terapinya menggunakan stimulasi otak untuk mengobati masalah yang berkaitan dengan hasrat seksual. Setiap kenaikan latihan berharga. Luangkan waktu  30 menit setiap hari untuk berjalan kaki atau latihan yoga, Anda akan memiliki kehidupan seks yang lebih baik.

 

3. Banyak gangguan di ruang tidur

Anda pasti sudah mendengar bahwa ruang tidur haruslah dibuat seperti surga agar tidur bisa lebih nyenyak.Hal yang sama berlaku untuk kegiatan seks. Hindari menjadikan ruang tidur sebagai kantor di mana Anda sibuk memangku laptop dikelilingi berbagai berkas. Bereskan mainan anak-anak yang bertebaran. Singkirkan apapun yang membuat pikiran tidak fokus atau mood turun.

 

4. Kekurangan nutrisi penting

Menerapkan pola makan sehat seimbang akan memastikan Anda mendapat semua nutrisi yang penting untuk fungsi seksual. Misanya zinc untuk menjaga kesehatan organ seks pria, kata Garrison. Vitamin B yang banyak terdapat pada ikan laut dan daging ayam juga penting karena mampu membangkitkan energi dan melancarkan aliran darah, termasuk aliran darah ke organ genital.

 

5. Mengonsumsi makanan bergas

Tidak ada hubungan antara kesukaan makan kacang dan brokoli dengan penurunan kenikmatan seksual. Namun potensi malu karena buang-buang angin dapat membuat Anda merasa terganggu.  Jika Anda sedang merencanakan malam yang romantis, sebaiknya hindari dulu makanan bergas semisal kol dan minuman bersoda

 

6. Terlalu banyak minum alkohol

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com