Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latihan Angkat Beban Justru Bisa Melangsingkan

Kompas.com - 30/09/2015, 12:07 WIB
KOMPAS.com - Hal pertama yang harus Anda ketahui: melakukan latihan angkat beban tidak akan membuat bentuk badan Anda seperti Hulk, tokoh pahlawan super dalam film yang berotot sangat besar.

Faktanya, melakukan latihan beban justru membuat tubuh lebih langsing dan lebih kuat. Ada dua alasan mengapa latihan beban harus masuk dalam program olahraga jika Anda sedang ingin menurunkan berat badan.

1. Berat badan turun lebih cepat
Siapa yang tidak ingin mengurangi berat badan dengan cara seefisien mungkin? Pelatih kebugaran dan juga chef makanan sehat Katy Clark merekomendasikan latihan beban.

Latihan beban akan membantu kita membentuk otot dan lebih banyak otot berarti metabolismet tubuh lebih cepat. Karena itu maksimalkan kemampuan tubuh membakar lemak dengan melatih otot-otot lewat latihan beban.

"Jika Anda memakai beban seberat 2 kg atau 5 kg, dan masih merasa tidak lelah dalam repetisi 10, maka Anda perlu beban yang lebih berat lagi. Jika Anda konsisten melakukannya, akan terlihat bedanya di massa otot dan kekuatan," kata Clark.

2. Membentuk tubuh
Olahraga kardio mungkin membantu memangkas kelebihan berat, tetapi latihan bebanlah yang akan membuat tubuh terlihat lebih kuat dan berbentuk. Jika kita hanya melakukan kardio, bentuk tubuh tak akan berubah, hanya tampak lebih kecil. Sebaliknya, latihan beban akan membentuk tubuh, terutama di bagian yang sulit.

Mulailah latihan beban secara bertahap dari yang paling ringan. Melakukannya langsung dengan beban berat beresiko cedera yang akhirnya akan membuat semua usaha penurunan berat badan jadi sia-sia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com