Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2015, 13:45 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber MSN.com

KOMPAS.com - Bagi pecinta jenis masakan Italia, sepotong pizza bisa terlihat begitu menggoda. Menghabiskan 1 lembar pizza tampaknya bukanlah sebuah dosa besar, walau sebenarnya jumlah kalori dalam 1 lembar pizza bisa mencapai 270 kalori. Hampir mirip dengan kalori 1 porsi nasi goreng polos dengan jumlah kalori 259 kkal. Padahal, rata-rata orang yang memakan pizza tak cukup hanya 1 lembar, rata-rata menghabiskan 2-3 lembar pizza dalam satu kesempatan.

Meski begitu, di Amerika, Eropa, bahkan Asia, pizza sudah menjadi salah satu menu utama bahkan kudapan yang begitu banyak peminatnya. Karena itulah, Ted Allen dan tim peneliti dari Popular Science mencoba menghitung jumlah kalori pada pizza dan menemukan strategi untuk membuat jumlah kalori dalam 1 lembar pizza tak sebesar jumlah kalori sepiring nasi goreng.


Mereka mendapati, menghilangkan minyak pizza terlebih dahulu dengan tisu atau sapu tangan bisa mengurangi kalori pizza sebanyak 50 kalori.

Dr. Roshini Raj kepada CNN juga menyatakan, “Menyerap minyak dalam 1 lembar pizza dengan tisu atau sapu tangan mungkin hanya bisa mengurangi 35 sampai 50 kalori. Tidak banyak. Namun bila Anda memakan beberapa lembar pizza, itu akan sangat membantu, bukan?”

Raj memberi gambaran, misalnya saja dalam 1 potong pizza terdapat 270 kalori. Bila menggunakan tisu bisa mengurangi hingga 35 kalori, maka bila Anda memakan 3 lembar sekaligus, kalori yang terbuang adalah 105 kalori, bahkan bisa mencapai 150 kalori bila minyak pada pizza benar-benar terserap.


Dan bila dalam setahun ada 100 lembar pizza yang Anda makan, maka jumlah kalori yang terselamatkan ialah sekitar 3.500 hingga 5.000 kkal per tahunnya, atau hampir setara dengan 1 kilogram lemak.

Namun, strategi ini ternyata menuai kontroversi di kalangan pecinta pizza. Sebab, saat menggunakan tisu atau sapu tangan, sedikit banyak akan membuat rasa pizza berkurang karena saus atau keju bisa saja menempel pada tisu. Namun sekali lagi, ini adalah sebuah pilihan. Menjadikan pizza lebih sehat atau tetap membuat sebuah pizza sebagai pemanja lidah dalam sesekali waktu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com