Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Langkah Mudah Hidup Lebih Sehat dan Tampil Lebih Menarik

Kompas.com - 04/10/2015, 12:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com — Mulailah hidup sehat dari hal-hal kecil terlebih dahulu! Untuk memudahkan, Prevention mengumpulkan 15 tips dari Jeffrey Dover, MD, Presiden American Society for Dermatologic Surgery, dan Debra Brammer, ND, dekan School of Naturopathic Medicine, Bastyr University.

1. Bernapaslah dengan benar

Bernapaslah dengan efektif sehingga performa olahraga kita optimal dan tubuh lebih mampu membakar lemak dengan efektif. Kunci bernapas yang benar dan tak boros oksigen terletak pada pikiran dan gerakan yang tenang dan terarah.

 

2. Cek postur tubuh

Tubuh yang tegak akan sangat menguntungkan tulang belakang. Cek, apakah selama ini kita sudah terbiasa berdiri dengan postur yang benar. Caranya, berdiri merapat ke dinding seperti biasa kita berdiri. Jika kepala, bahu belakang, dan tumit menempel di dinding, artinya selama ini kita sudah terbiasa dengan postur tubuh yang tegak.

 

3. Tubuh lebih berenergi

Merasa lesu seharian? Santap saja dark chocolate (70 persen cokelat) untuk membangkitkan energi. Jangan melebihi dua potong ukuran sedang karena biar bagaimanapun produk dark chocolate mengandung gula sederhana yang cukup tinggi.

 

4. Langganan berita kesehatan

Ini adalah cara termudah untuk selalu ingat bahwa hidup sehat adalah suatu keharusan sekaligus satu pilihan. Klik berita kesehatan dari situs Kompas untuk mendapat info kesehatan terpercaya dari para ahli.

 

5. Tulang selalu kuat

Perbanyak aktivitas fisik. Itulah kunci tulang yang kuat. Pasalnya, duduk atau berbaring terlalu lama akan membuat tulang melepaskan kalsium sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah, juga memicu terbentuknya batu ginjal.

 

6. Lindungi mata dari ultraviolet

Bukan hanya kulit yang perlu dilindungi dari efek negatif sinar ultraviolet, mata juga membutuhkannya. Untuk itu, gunakan sunglasses setiap kali beraktivitas di luar ruang, terutama saat cuaca sedang terik.

 

7. Mata tidak cepat lelah

Terlalu lama bekerja di depan komputer dapat membuat mata cepat lelah. Atasi dengan memasang filter monitor untuk mengurangi cahaya dan radiasi. Bagi yang menggunakan laptop, atur tingkat kecerahan (brightness) sehingga layar tidak terlalu menyilaukan mata. Sering-seringlah berkedip atau istirahat sejenak meninggalkan komputer untuk mengistirahatkan mata.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com