Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2015, 18:07 WIB

KOMPAS.com -Kulit bayi membutuhkan perawatan yang tepat agar ia tak mengalami gangguan kulit, karena kulitnya masih sangat sensitif. Namun, tanpa disadari kebiasan kecil kerapkali menyebabkan masalah kulit pada bayi, salah satunya adalah masalah ruam popok yang banyak dialami oleh bayi di Indonesia.

Bayi mengalami ruam popok disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri. Hal itu terutama karena kebersihan di area yang ditutupi popok tidak terjaga dengan baik. Jamur tumbuh tidak normal jika kebersihan di area yang ditutupi popok tidak terjaga.

 

1. Lupa mengganti popok

Tak jarang, Ibu biasanya baru mengganti popok si kecil dengan popok yang baru,  jika popok sudah penuh. Jika bayi sudah rewel dan menangis, jangan hanya berpikir bahwa ia sedang lapar atau haus. Coba cek popoknya, bisa jadi karena ia sudah tak nyaman dengan popok yang basah atau penuh.

 

2. Asal membersihkan

Tak terjaganya kebersihan memengaruhi tumbuhnya jamur dan bakteri di area yang ditutupi popok. Karena itu, pastikan Ibu membersihkan dengan sempurna area yang ditutupi popok dari urin maupun setelah bayi buang air besar. Jangan asal membuang atau mengganti popok. Pastikan area yang ditutupi popok bersih dari kotoran.

 

3. Pakai tisu basah

Tisu basah memang praktis, terutama saat Ibu sedang bepergian bersama bayi. Jika harus menggunakan tisu basah untuk membersihkan area yang ditutupi popok, sebaiknya segera melap bagian tersebut hingga kering. Tisu basah dapat menyebabkan alergi, karena kulit bayi yang masih sensitif.

 

4. Lembab dan basah

Sebelum memakaikan popok baru, pastikan area yang ditutupi popok kering. Setiap kali sehabis mandi, atau seusai membersihkan area yang ditutupi popok, pastikan area ini benar-benar kering. Jika area ini masih basah, atau bahkan lembab sekalipun, jangan langsung memakaikan popok.

 

5. Bedak yang menggumpal

Pemakaian bedak biasanya bertujuan untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi, terutama di bagian lipatan kulit bayi. Tetapi, pemakaian bedak yang terlalu tebal di area yang ditutupi popok, justru dapat memicu terjadinya ruam popok. Apalagi, jika bedak ini bercampur dengan air dan menggumpal. Penggumpalan bedak ini memengaruhi kelembapan kulit bayi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com