Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kebiasaan Buruk yang Mengganggu Hubungan Seks

Kompas.com - 08/10/2015, 20:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Seberapa baik Anda bercinta, bukan hanya Anda sendiri yang mengukurnya, tapi juga melibatkan penilaian dari pasangan. Kadang, seseorang yang mengganggap dirinya seorang  yang hebat di tempat tidur, ternyata punya kebiasaan buruk yang berpotensi merusak hubungan. Ubah kebiasaan itu dan perbaiki supaya kehidupan seks jadi lebih manis dan menggelora.

1. Anda tidak suka jika pasangan memberi saran

Padahal, dengan membiarkannya memberi masukan gaya seperti apa yang menurutnya oke dipraktikkan saat bercinta, Anda juga punya kesempatan mengungkapkan apa pendapat Anda. Pasangan seringkali tidak mau terbuka untuk hal-hal seperti ini. Alasannya macam-macam, ada yang takut dianggap aneh atau takut pembicaraan itu menjadi ajang kritik.

Anda sebaiknya ingat, ketidakterbukaan bisa memberi dampak yang lebih besar jika terus dibiarkan, kata Madeleine Castellanos M., MD, seorang psikiater di Albert Einstein College of Medicine yang mengkhususkan diri dalam terapi seks.

Perbaiki: Jadilah terbuka terhadap saran kekasih Anda. Dengarkan dulu tanpa harus kesal atau antipati.

Castellanos menyarankan Anda dan pasangan meluangkan waktu setiap enam bulan untuk mengevaluasi kehidupan seks, karena seksualitas dalam diri seseorang terus berkembang. "Apakah kita senang dengan kehidupan seks kita?", "Adakah yang bisa kita lalukan untuk membuatnya bertambah baik?", "Apakah ada masalah besar di luar sana yang belum kita bicarakan?"

2. Anda tidak fokus

Udara di sekitar Anda sudah memanas oleh gairah, pasangan sudah memberi sinyal untuk naik ke tempat tidur dan Anda pun begitu ingin untuk memeluknya. Tiba-tiba ponsel berbunyi tanda ada pesan masuk. Apa yang akan Anda lakukan? Lari ke ponsel sebentar untuk memeriksa pesan, kemudian kembali ke pasangan atau mengabaikan ponsel dan terus melayani godaan pasangan?

Jika Anda memiliki kebiasaan yang pertama, memeriksa ponsel setelah itu baru kembali ke pasangan, artinya Anda seorang yang tidak fokus. Dan itu bukan hal yang terlalu baik, mood pasangan bisa rusak karenanya. "Kemesraan membutuhkan adegan yang non-interuptif," kata Lada Schwartz, PhD, profesor sosiologi di University of Washington.

Perbaiki: Simpan ponsel Anda di luar kamar tidur. Matikan TV jika TV sering mengacaukan fokus Anda. Intinya, singkirkan semua benda yang berpotensi mengganggu kemesraan dengan pasangan. Termasuk mengunci pintu, supaya si kecil tidak tiba-tiba masuk dan melihat adegan yang belum boleh dilihatnya.

3. Anda egois

Coba diingat-ingat lagi, apakah selama ini orgasme Anda sendiri adalah satu-satunya tujuan ketika berhubungan seks? Anda suka dioral, tapi tidak mau melakukan hal yang sama untuk pasangan?

"Bukan berarti semua hal harus sama antara Anda dan pasangan. Ada orang yang tidak suka seks oral," menurut Castellanos. "Tapi, jika Anda tidak melakukannya karena Anda enggan, bukan karena pasangan tidak suka, atau menganggap pasangan yang tidak puas bukan masalah besar, artinya Anda cenderung egois,"

Perbaiki: Mulai sekarang berusahalah untuk menempatkan kepuasan dan keinginan pasangan sama tinggi dengan keinginan dan kepuasan Anda. Ini bisa dimulai dengan bertanya ke pasangan,"Apakah selama ini kamu puas dengan hubungan kita? Apa yang bisa saya lakukan untuk memerbaikinya?" Hubungan yang sehat adalah hubungan yang didasarkan pada prinsip memberi dan menerima dengan seimbang.

4. Anda seperti robot

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com