Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2015, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Sebal dengan pori-pori yang terlihat besar? Rasanya hampir semua orang, terutama wanita, merasakannya. Pori-pori yang besar membuat kulit wajah nampak lebih kusam. Ini masuk akal, karena lubang pori-pori yang besar mengeluarkan minyak lebih banyak dibanding pori-pori yang kecil. Akibatnya, kotoran lebih mudah melekat dan membuat penampilan wajah terlihat lusuh. 

Namun, mengecilkan pori-pori bukanlah hal yang sulit sekarang ini. Beberapa trik sederhana dapat membuat pori-pori wajah Anda tampak lebih kecil dan penampilan Anda jadi lebih segar.

Langkah 1: Terapkan masker

Ketika pori-pori dipenuhi bekas makeup, sel kulit mati, dan kotoran, lekukan yang tadinya kecil di wajah Anda bisa menjadi tersumbat dan terlihat lebih besar. "Gunakan masker berbasis tanah liat (clay) dua kali seminggu, ini akan membantu untuk menarik keluar kotoran, menjaga pori-pori tetap bersih dan rapat," kata penata rias ternama di Los Angeles Michelle Radow dari makeupgal.com. Clay sangat efektif menyerap minyak berlebih dan menarik keluar kotoran yang ada di pori-pori Anda saat masker mengering.

Langkah 2: Lakukan eksfoliasi
Eksfoliasi  adalah suatu keharusan. "Sel-sel kulit mati cenderung berkumpul di dalam dan sekitar pori-pori, membuat pori-pori terlihat lebih besar," jelas Emmy Graber, MD, dermatolog yang berpraktik di Boston. "Eksfoliasi atau pengelupasan dengan menggunakam scrub khusus wajah dapat menghilangkan kotoran itu,  meminimalkan pori-pori dan membuat kulit tampak lebih cerah."

Langkah 3: Beri pelembap dan face primer

Setelah dibersihkan, aplikasikan pelembap harian yang mengandung glycolic atau asam salisilat, exfoliant kimia yang dapat mengurangi ukuran pori-pori dalam waktu kurang dari seminggu, kata Graber. Setelah itu, aplikasikan face primer sebelum menggunakan alas bedak. "Ini akan membantu menghalangi makeup bermigrasi ke pori-pori dan langsung meminimalkan tampilan pori-pori," kata Radow. Pastikan untuk menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda atau pemakaian alas bedak akan tampak tidak rata.

Langkah 4: Terapkan strategi make up

Setelah primer, aplikasikan alas bedak menggunakan sikat khusus atau spons makeup agar tampilannya halus dan merata.  Radow menganjurkan agar Anda sedikit membasahi sikat makeup dengan semprotan air untuk tampilan yang lebih alami. Setelah itu baru gunakan bedak tabur dan jenis makeup lainnya seperti pewarna bibir dan blush on.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com