Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2015, 10:38 WIB
TANYA:
Saya adalah penggemar kopi. Setiap hari minimal 3 cangkir kopi saya minum. Akibatnya gigi saya agak kekuningan dan ini membuat saya kurang percaya diri. Saya berniat memutihkan gigi saya.

Apakah saya bisa melakukannya di rumah karena alasan biaya? Adakah produk tertentu yang dapat saya beli di toko obat yang aman? Apakah makanan yang asam, seperti jeruk nipis, bisa mengikis noda di gigi? Salam.

Reza (25), Malang

JAWAB:
Halo Reza di Malang, pertanyaannya menarik sekali.
Perubahan warna gigi salah satunya disebabkan oleh faktor luar, seperti makanan dan minuman, kebiasaan merokok, dan konsumsi obat tertentu.

Pemutihan gigi eksterna atau vital dapat dilakukan melalui 2 metode, yaitu in-office bleaching dan home bleaching. In-office bleaching dilakukan oleh dokter gigi di klinik gigi atau rumah sakit, prosedur ini umumnya dilakukan menggunakan bahan kimia tertentu dengan konsentrasi tinggi.

Sedangkan home bleaching dilakukan sendiri oleh pasien di rumah. Prosedur ini menggunakan sendok cetak pribadi yang kemudian diaplikasikan bahan kimia tertentu dengan konsentrasi yang rendah. Prosedur home bleaching tetap dilakukan dengan instruksi dan dibawah pengawasan dokter gigi.

Pada kasus Anda, pewarnaan gigi yang dialami berasal dari faktor luar yaitu minuman kopi. Sebelum dilakukan pemutihan gigi, sebaiknya Anda mengurangi frekuensi minum kopi per-harinya. Sebab ketahanan warna gigi setelah dilakukan pemutihan gigi akan berkurang jika Anda tetap memiliki kebiasaan minum kopi, apalagi terlalu sering.

Pada dasarnya pemutihan gigi eksterna atau vital akan lebih efektif menggunakan metode in-office bleaching dibandingkan home bleaching. In-office bleaching dapat mencerahkan warna gigi beberapa derajat lebih cerah daripada warna gigi sebelumnya dibandingkan home bleaching.

In-office bleaching memerlukan prosedur selama 1-2 jam, sedangkan home bleaching memerlukan waktu minimal 2 minggu.

Bahan asam seperti yang Anda sebutkan diatas, tidak dapat memutihkan gigi. Bahan asam justru menciptakan kondisi di dalam rongga mulut menjadi lebih asam, sehingga dapat memicu terjadinya pelepasan mineral dari permukaan gigi. Dengan kata lain gigi Anda lebih rentan berlubang.

Segala produk yang dijual bebas yang diklaim dapat memutihkan gigi juga belum tentu aman dan mampu memutihkan gigi. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter gigi segala produk pemutih gigi yang akan Anda gunakan untuk bahan pemutih gigi di rumah.

Demikian Reza, semoga informasinya bermanfaat. Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com