Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2015, 17:01 WIB

KOMPAS.com - Selama ini banyak orang mengira bahwa ukuran atau volume otak berpengaruh pada tingkat kecerdasannya. Namun, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa ternyata, ukuran otak tidak berpengaruh pada IQ.

 

Memiliki ukuran otak yang besar belum tentu memiliki tingkat kecerdasan atau IQ yang tinggi. Dalam penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Neuroscience and Behavioral Reviews ini, ilmuwan dari Austria, Belanda dan Jerman mengumpulkan data dari 88 studi, baik yang dipublikasikan maupun tidak, yang mengikutsertakan kurang lebih 8.000 partisipan untuk mengonfirmasi bahwa ukuran otak tidak berpengaruh pada IQ yang lebih tinggi.

 

Hasilnya, ditemukan bahwa ukuran otak hanya memberikan sedikit pengaruh pada tingkat kecerdasan. Menurut Jakob Pietschnig dari Institue of Applied Psychology di University of Vienna, Austria, struktur dan integritas otak memiliki lebih banyak pengaruh sebagai fondasi biologi dari IQ, sementara ukuran otak lebih berpengaruh pada seberapa cepat suatu fungsi kognitif diselesaikan.

 

Menurut para peneliti, klaim bahwa ukuran otak tidak berpengaruh pada IQ ini bisa dibuktikan dengan fakta sederhana, yaitu bahwa laki-laki cenderung memiliki volume otak yang lebih besar dibanding perempuan.

 

Namun, secara umum tidak ada perbedaan IQ yang mencolok antara laki-laki dan perempuan. Bahkan pada 2012 lalu, para peneliti menemukan bahwa perempuan cenderung mendapatkan skor IQ yang lebih tinggi ketimbang pria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com