Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dibuang, Biji Pepaya Bermanfaat untuk Kesehatan!

Kompas.com - 20/10/2015, 07:25 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com — Pepaya sudah dikenal sebagai buah yang kaya manfaat bagi kesehatan. Salah satu kandungan pepaya ialah betakaroten yang merupakan anti-oksidan untuk menangkal radikal bebas. Pepaya juga kaya akan vitamin C dan juga tinggi serat yang bermanfaat untuk memperlancar buang air besar atau mencegah sembelit.

Manfaat pepaya ternyata tidak hanya terdapat pada dagingnya, tetapi juga bijinya. Sayangnya, tak banyak orang yang tahu manfaat biji pepaya bagi kesehatan. Padahal, biji pepaya juga bisa dimakan dengan menghaluskannya terlebih dahulu. Biji pepaya juga bisa dikeringkan dulu, dihaluskan, dan disimpan dalam wadah untuk dikonsumsi. Saat membuat jus pepaya, sebaiknya bijinya pun tidak dibuang.

Biji pepaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Biji pepaya juga baik untuk kesehatan pencernaan, ginjal, dan hati. Jika mengetahui segudang manfaatnya, mungkin Anda akan berpikir dua kali untuk membuang biji pepaya. Berikut manfaat biji pepaya seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Biji pepaya bisa menjadi obat alami untuk membantu mengatasi sirosis hati. Konsumsi biji pepaya dengan perasan air jeruk nipis selama dua bulan telah terbukti menyembuhkan sirosis hati secara efektif.

2. Biji pepaya juga bekerja sebagai antivirus. Konsumsi biji pepaya dinilai bisa membantu penyembuhan infeksi virus ringan.

3. Biji pepaya juga dipercaya dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker dan tumor, antara lain kanker usus besar, payudara, leukemia, paru-paru, dan prostat.

4. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa biji pepaya baik untuk kesehatan ginjal, bahkan bisa mencegah gagal ginjal.

5. Biji pepaya terbukti bisa membunuh cacing parasit dalam usus karena mengandung alkaloid yang disebut carpaine. Itulah mengapa biji pepaya sering digunakan sebagai obat penyakit cacing keremi.

6. Sama seperti buahnya, biji pepaya juga meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu memperlancar sistem pencernaan. Hal ini karena biji pepaya juga mengandung enzim papain yang membantu memecah protein.

Manfaat lainnya, biji pepaya tenyata juga bisa membantu mengatasi penyakit radang sendi karena biji pepaya mengandung zat anti-inflamasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com