Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2015, 12:00 WIB
KOMPAS.com - Mandi bukan hanya sekedar rutinitas untuk membersihkan tubuh, lebih dari itu mandi juga bermanfaat untuk menyegarkan, bahkan melancarkan peredaran darah.

Untuk mengoptimalkan manfaat mandi, para ahli merekomendasikan untuk mandi dengan air dingin (suhu sekitar 15 derajat). Apa saja manfaatnya?

- Membuat hati lebih ceria
Hidroterapi dengan air dingin bisa meningkatkan level beta-endorphin dan noradrenalin di dalam darah, dan juga di otak. "Efeknya seperti antidepresan dan berpengaruh pada mood," kata Sheenie Ambardar, psikiater.

Penelitian di jurnal Medical Hyptoheses menemukan, mandi dua atau tiga menit dengan air dingin selama dua minggu bisa meningkatkan mood. Hati pun lebih ceria dan bahagia.

- Menghilangkan nyeri otot
Nyeri otot dan inflamasi setelah olahraga bisa diredakan dengan mandi air dingin. Lebih disarankan mandi menggunakan shower sehingga bisa langsung diarahkan ke bagian otot yang sakit selama 5 menit.

"Hal itu akan meningkatkan aliran darah ke area yang sakit sehingga kerusakan otot atau jaringan bisa lebih cepat pulih. Ini karena darah mengandung nutrisi yang menyembuhkan," kata Henry Halse, pakar bidang kebugaran.

- Baik untuk kulit
Untuk mendapatkan manfaat bagi kulit, lebih disarankan untuk mandi dengan air hangat lalu dibilas dengan air dingin.

Suhu dingin membantu mengencangkan kulit dan pori, mengurangi bengkak di bawah mata. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih lembut dan cerah.

- Rambut lebih berkilau
Kutikula rambut bisa menjadi lebih kering jika kita mandi menggunakan air hangat sehingga rambut pun kusam. Gunakan air dingin setelah kita memakai kondisioner agar rambut terlihat berkilau dan lembut karena kelembaban lebih terkunci.

- Menghilangkan stres
Mencuci muka dengan air dingin bisa membuat kita lebih rileks dan segar. Penelitian juga membuktikan orang yang sering membasuh muka dengan air dingin lebih toleran terhadap stres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com