Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Sederhana Weight Watchers Melangsingkan Tubuh

Kompas.com - 20/10/2015, 20:03 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber TIME.com

KOMPAS.com - Weight Watcher, organisasi penurun berat badan ternama kembali mendapatkan dukungan dari selebriti dengan cara berbeda. Oprah Winfrey ikut andil dalam saham dan masuk jajaran direksi.

Winfrey bakalan membayar USD 43 juta untuk 6,4 juta saham perusahaan itu. Saham Weight Watcher melonjak 83 persen setelah berita itu dirilis. Demikian laporan dari The Wall Street Journal.

Sejarah Weight Watchers kembali ke tahun 60-an ketika Jean Nidetch memulai pertemuan mingguan dengan teman-temannya yang kegemukan di rumahnya sendiri untuk membicarakan berat badan dan diet. Saldo tabungannya ketika mulai membangun perusahaan ketika itu hanyalah USD 1,56.

Nidetch akhirnya berhasil menurunkan berat badan dari 97 kg menjadi 64 kg. Ketika itu peserta diet Weight Watcher hanya membayar tiga dolar untuk memulai ditambah dua dolar seminggu. Namun, Nidetch dan teman-teman pendirinya menjadi milyuner ketika perusahaan itu masuk bursa saham di 1968. Akhirnya, usaha itu dijual kepada H.J. Heinz.

Kesuksesan diet Weight Watchers terhitung luar biasa, karena tak ada yang baru dari diet yang dipromosikannya. Program diet jadi spesial, karena menitikberatkan pada dialog. Nidetch yang meinggal April tahun ini sempat bicara,"Makan kompulsif adalah masalah emosional dan kita menggunakan pendekatan emosional sebagai solusi."

Mungkin penjelasan terbaik untuk kekuatan gagasan Nidetch berasal dari Jerry Pozner, mahasiswa dari Long Island University yang berhasil menurunkan berat badan dari 108 kg menjadi 62 kg. "Orang makan karena mereka kesepian. Ketika Anda datang ke Weight Watchers, Anda tak sendirian lagi," katanya.

Saat ini Weight Watchers berharap, memperluas kisah suksesnya dengan meluaskan fokus dari penurunan berat badan menjadi membantu masyarakat hidup sehat secara umum. Di samping itu, perusahaan tersebut juga berusaha mengikuti generasi milenium yang berusaha makan sehat dan berolahraga dibantu apps dan gadget, daripada mengikuti program penurunan berat badan spesifik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com