Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Makanan yang Bisa Menurunkan Stres dan Berat Badan

Kompas.com - 22/10/2015, 15:12 WIB

KOMPAS.com - Ketika Anda stress, Anda tentu akan mendengar suara-suara di kepala untuk mengonsumsi es krim, kentang goreng, ataupun keripik kentang. Tapi tunggu dulu, meski makanan tersebut sangat menggoda, sebenarnya ada pilihan yang lebih baik yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi kecemasan dan stres yang Anda rasakan.

Baiknya lagi, makanan ini takkan menambah ukuran lingkar pinggang Anda. Berikut ini empat makanan yang direkomendasikan oleh Keri Gans, M.S, R.D., penulis The Small Change Diet.

 

Alpukat

Buah ini sangat kaya akan vitamin B, yang telah terbukti dapat menghilangkan stres, selain itu kandungan lemak tak jenuh dan serat akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Gans merekomendasikan  untuk mengonsumsi setengah buah alpukat ditambah dengan sedikit perasan lemon di atasnya. Ini baik untuk sistem pencernaan dan tekstur buah alpukat yang lembut bisa membayar hasrat Anda untuk mengonsumsi es krim.

Susu cokelat

Menginginkan sesuatu yang manis? Susu cokelat bisa jadi pilihan baik untuk Anda. “Susu cookelat mengandung potassium, yang mana akan membantu meredakan kaku otot, ketika Anda sedang mengalami stress fisik,” ujar Gans. Namun, pastikan Anda mengonsumsi susu cokelat rendah lemak.

Havermut

Makanan kaya serat ini akan membuat Anda kenyang dan dalam waktu singkat akan menurunkan kadar sytres Anda. “Hhavermut membantu memroduksi hormon serotonin, yang akan membuat tubuh merasa nyaman,” jelas Gans.

Tambahkan susu tanpa lemak saat mengonsumsi havermut, ini untuk memberikan tambahan protein dan kalsium pada tubuh. Tambahkan juga almond untuk memberikan tambahan serat.

Raspberi

Buah-buahan rendah kalori snagat baik untuk dikonsumsi, selain sehat juga dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Raspberi adalah buah yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan stres, kandungan antioksidan dan vitamin C nya pun tinggi. Sehingga, sistem kekebalan tubuh akan terjaga.

“Anda bisa mengonsumsinya sebagai menu sarapan dengan campuran Greek yoghurt. Stress hilang, penccernaan lancar, berat badan pun tetap terjaga,” kata Gans.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com