Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Hipotonik Sebelum Tidur Berkhasiat Lembabkan Kulit

Kompas.com - 23/10/2015, 09:51 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulit sehat memiliki kelembaban yang cukup dari dalam tubuh. Terkadang, sering terpapar pendingin udara dan polusi menyebabkan kulit jadi kekurangan cairan. Keadaan ini dapat diperbaiki dengan minum larutan hipotonik.

"Kulit kekurangan cairan itu beda dengan jenis kulit kering. Kulit kering, berminyak dan kombinasi itu termasuk tipe kulit yang sudah dimiliki sejak lama. Kulit kekurangan cairan atau dehidrasi itu sifatnya sementara," terang Dr. Kevin Maharis, ahli kesehatan kulit dari Maharis Clinic saat melakukan presentasi di Jakarta.

Iklim Jakarta yang memiliki kelembaban tinggi, namun sangat panas dan banyak polusi menyebabkan kulit mudah dehidrasi. "Memakai krim dokter pengelupas kulit, serta memakai sabun pembersih wajah yang membuat kulit terasa kesat membuat kulit dehidrasi pula," imbuhnya. Proses penuaan kulit yang berlangsung alami pun membuat kulit cepat dehidrasi, sehingga berkurang kelembabannya.

"Saat Anda pergi ke negeri yang sedang musim dingin dan Anda memakai produk perawatan kulit sama dengan di Indonesia, kulit wajah pasti terlihat lebih berkeriput, karena kulit sementara mengalami dehidrasi. Ketika kembali ke Indonesia, kulit terlihat lembab," terang Dr Kevin.

Gaya hidup orang kota yang tak bisa jauh dari pendingin udara menyebabkan kulit mudah dehidrasi. "Sekarang kita tidur di ruangan ber-AC. Naik kendaraan dan bekerja di ruangan ber-AC pula," katanya.

Untuk mengatasi dehidrasi kulit ini, terdapat perawatan kulit di klinik spesialis. "Hentikan pula memakai sabun dan pembersih wajah yang menyapu seluruh minyak di kulit. Pilih pembersih yang tak mengandung sabun," sarannya.

Cara lainnya, minum larutan hipotonik. "Larutan hipotonik memiliki osmolaritas di bawah isotonik. Larutan hipotonik ini bermanfaat mengatasi dehidrasi ringan, sementara isotonik bagus untuk dehidrasi yang lebih serius," katanya. Larutan hipotonik ini memiliki lima jenis elektrolit yang sama di kulit dan bermanfaat mengembalikan faktor pelembaban alamI (natural moisturizing factor atau NMF) kulit.

Agar kulit terhindar dari dehidrasi, kapan pun merasa haus, Dr Kevin menyarankan kita untuk minum. Namun, pelembaban kulit paling efektif jika larutan hipotonik itu diminum sebelum tidur. Pasalnya, saat tidur tubuh kita berpuasa. Kulit pun selama berjam-jam terpapar pendingin udara yang membuat kulit jadi kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com