Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2015, 16:19 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Berlatih angkat beban tak hanya bermanfaat untuk membentuk otot yang kuat. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Geriatrics Society, rutin mengangkat barbel di kedua tangan juga mampu mempertahankan kinerja otak hingga hari tua.

Beberapa penelitian telah mengungkap, seiring dengan berjalannya usia, otot pun kian menua dan menyusut. Sehingga, tubuh di usia 60an mungkin tak bisa sekekar saat usia 30an. Begitu juga dengan otak. Buka hanya menyusut, namun semakin tua usianya, otak akan membentuk lubang-lubang kecil atau lesi di area putih yang bertugas menghubungkan beberapa bagian otak.

Normalnya, lesi tersebut akan mulai tampak di usia 50an. Walau begitu, kebanyakan orang belum menunjukkan penurunan dalam hal kemampuan kognitifnya atau kemampuan berpikir yang mencakup daya ingat, penyelesaian masalah, serta daya analisa.

Sayangnya, saat lesi terus bertambah seiring dengan usia, kemampuan kognitif pun bisa ikut berkurang. Tak heran bila makin tua, beberapa orang akan sangat mungkin menjadi lebih pelupa dan kehilangan kemampuan untuk menyelesaikan masalah secara efektif.

Berolahraga secara rutin dinilai bisa menjadi solusi untuk menjaga otak agar tetap sehat, sehingga kinerjanya bisa maksimal. Dalam studi sebelumnya, ditemukan bahwa olahraga ringan seperti berjalan kaki mampu meningkatkan volume otak di area abu-abu dan bukan di area putih. Malah, beberapa studi telah menyatakan bahwa tak ada hubungan antara berjalan kaki dengan peningkatan kemampuan pada otak.

Itulah yang menjadi alasan para peneliti dari University of British Columbia di Vancouver untuk menguji teori tentang olahraga seperti apa yang mampu menahan pembentukan lesi jahat di area putih pada otak.

Setelah melibatkan 54 perempuan usia 65-75 dalam pelatihan yang berbeda, ditemukan: perempuan yang berlatih angkat beban 2 kali seminggu dalam setahun mengalami penurunan pembentukan lesi pada otak secara signifikan. Dengan kata lain, angkat beban ringan mampu meningkatkan kemampuan kognitif otak dalam jangka panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com