Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2015, 15:00 WIB
KOMPAS.com - Pergi ke gym merupakan kegiatan andalan untuk orang yang ingin menerapkan hidup sehat dan membentuk tubuh. Sayangnya, tak semua orang bisa merasakan latihan fisik di gym lantaran berbagai alasan, seperti biaya yang tak sesuai dengan kantong atau padatnya jadwal aktifitas.

Pusat kebugaran bukan satu-satunya tempat untuk memiliki tubuh yang sehat dan fit. Yang diperlukan adalah latihan secara rutin (di mana saja) setidaknya 30 menit setiap hari.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk Anda yang ingin bugar, tapi tak bisa meluangkan waktu untuk berolahraga.

1. Berjalan kaki
Jalan kaki merupakan aktifitas sederhana namun memiliki khasiat besar. Kegiatan ini mampu meredakan stres dan menyehatkan tubuh. Berjalan selama 45 menit akan melatih otot dan melancarkan sirkulasi darah. Tubuh pun lebih sehat.

2. Aktifitas menantang
Kini orang-orang lebih menyukai kegiatan yang menguji kekuatan fisik. Misalnya saja mengikuti triatlon, atau latihan singkat seperti circuit training atau high intensity interval training. Anda bisa mengunduh programnya di smartphone dan ikuti petunjuknya. Jangan lupa lakukan pemanasan yang cukup sebelumnya.

3. Mendaki
Mendaki adalah salah satu cara tertua dan paling efektif untuk meningkatkan aliran darah ke jantung. Selain itu, menjelajah alam juga efektif mengurangi stres dan meningkatkan kapasitas antioksidan.

4. Lompat tali
Lompat tali sangat membantu untuk membuat tubuh lebih kuat dan fit karena akan meningkatkan detak jantung dan membakar kalori lebih banyak. Disarankan untuk melakukan kegiatan ini di lantai kayu atau tanah agar tidak mencederai sendi.

5. Naik tangga
Menaiki anak tangga lebih bermanfaat bagi kesehatan ketimbang menggunakan eskalator atau lift, karena dapat membakar kalori sekaligus membentuk otot. Selain itu, naik tangga juga memperkuat jantung dan paru-paru.

6. Jadikan rutinitas sehari-hari seperti latihan
Buatlah rutinitas harian Anda sebagai pengganti latihan olahraga. Melakukan aktivitas fisik seperti membersihkan rumah, berkebun atau mencuci mobil, merupakan cara sederhana dan sudah terbukti membuat kita bugar dan sirkulasi darah lebih lancar. (Muthia Zulfa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com