Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2015, 15:54 WIB

KOMPAS.com - Premenstrual syndrome (PMS) memang sering kali menjadi permasalahan wanita. Sekitar 85% wanita dilaporkan mengalami PMS setiap bulannya. Meliputi gejala-gejala seperti keram, perut kembung, dan lebih emosional ketika mendekati tanggal menstruasi.

Meskipun tidak ada obat yang benar-benar menyembuhkan PMS, beberapa perawatan dan perubahan gaya hidup bisa mengurangi ketidaknyamanan dari PMS. Inilah 4 cara simpel menangani PMS:

 

Memperbaiki pola makan

Diet garam bisa menyebabkan perut kembung, kafein dapat meningkatkan rasa marah dan cemas, alkohol memperburuk depresi dan terlalu banyak gula bisa mengganggu kestabilan gula darah dan mood.

Untuk itu, sebaiknya makan lebih banyak buah, sayuran dan gandum seminggu sebelum tanggal menstruasi. Bukan hanya dari konsumsi makanan saja, tapi pola makannya juga harus diubah. Makanlah secara teratur untuk menghindari turun naiknya level gula darah.

 

Banyak olahraga

Berolahraga bisa melawan gejala fisik dan emosional dari PMS. Untuk melawan PMS, The National Women’s Health Information Center merekomendasikan olahraga sedang selama 2,5 jam atau olahraga berat seperti aerobik selama satu jam 15 menit. Bisa juga penggabungan olahraga sedang dan berat setiap minggunya, ditambah dua sesi penguatan otot.

 

Pengobatan herbal

Meskipun pengobatan herbal belum teruji benar, namun ada beberapa tanaman yang efektif menghilangkan gejala PMS seperti keram dan mood buruk. Misalnya seperti jahe, daun raspberry, dandelion atau krim progesteron alami.

 

Fokus terhadap stres

Salah satu hal penting  yang perlu dilakukan menjelang menstruasi adalah untuk mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup. Sehingga, tidak membuat mood semakin buruk saat PMS. Jika kualitas tidur sudah cukup baik, sebaiknya cari cara lainnya untuk mengurangi tingkat stres. Anda juga bisa mencoba pijat, meditasi atau yoga yang menenangkan pikiran dan tubuh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com